Skip to main content

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok. 

***
Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ketemunya cuma sabtu minggu. Kondisi ini berlangsung selama dua tahun setengah mungkin. 

Lalu sekitar akhir 2015 atau awal 2016, kami mulai deh program hamil. Dari referensi sana-sini ada rekomendasi ke dr. Iwan Dharma Putra, Sp.Og, K.(Fer). Panjang yaa..yup, dokter Iwan ini adalah dokter kandungan spesialis kesuburan yang langkaaaa banget di Kalimantan Selatan. 

Visit Pertama saya ke dokter iwan, tanpa ba bi bu eh saya di cek USG Transvaginal. Gak sakit kok. Hasil USG dokternya bilang, rahim oke sehat walafiat. Gak dikasih obat apa-apa cuma ngobrol bentar dan dokternya pas tahu kalo kita ketemu cuma sabtu minggu langsung bilang " ya gimana mau hamil". Oh ya, selanjutnya suami dikasih rekomendasi untuk cek sperma ke Prodia. 

Sebelum kemana-mana ceritanya, Alhamdulillah punya suami dan keluarga yang cukup berpikiran modern bahwa untuk program hamil dan untuk hamil itu yang di cek itu ya dua-duanya, suami dan istri. Ditambah lagi, keluarga santai banget dan gak ditanya-tanya mulu kenapa kok belum hamil. Dari awal, saya dan suami lebih sreg kalo usaha promil ini pake usah medis aja. Lebih marem di hati. Jelas gitu. Kalo disuruh minum ini makan itu, kita mah makan yang kita suka aja.. makan semangka, ya kalo pengen. Mau toge, yaa kalo bikin tumis aja. Pokoknya makan sehat aja gitu, kurangin gorengan. 

Oh ya, cuma ngobrol-ngobrol aja dan USG, kita bayar kalo ga salah 300 ribuan. Aduh lupa berapa tepatnya. 

Ngomong-ngomong tentang dr.Iwan Dharma Putra,  beliau ini karena spesialis kesuburan ini langka di Kalimantan Selatan...antriannya masya Allah. Dokter iwan praktek di RSUD Ulin dan RS. Sari Mulia Banjarmasin. Di RS. Sari Mulia, praktiknya seminggu dua kali. Biar ga bete ngantrinya, mending reservasi dulu. Misal besok Rabu mau praktik, kita reservasinya untuk hari Jumat atau Rabu depannya. Kalo ga nunggunya lama banget. Prakteknya mulai dari jam 7 malam sampai subuh. Pernah loh saya ambil antrian 30 kalo ga salah, baru masuk ke ruangan dokternya jam setengah dua malam. dan di belakang saya masih ada 5-10 antrian. Hehhehheh. 

Lanjut. 

Setelah dapet rekomendasi untuk cek sperma, berangkatlah kami ke prodia. Suami yang kudu kerja luar kota ijin dulu gak masuk kerja. Cek sperma di prodia sekitar 350 rb-an. Reservasi dulu yaa, karena sehari cuma melayani 5 atau 6 pasien. Hasilnya bisa didapat hari itu juga kok. Cepet. Hasilnya suami saya teratozoospermia. Artinya: Bentuk sperma gak bagus, jumlah spermanya juga gak mencukupi. 

Setelah keluar hasilnya, yaa cemas. tapi gak panik banget. Atau mungkin kita berdua diciptakan sebagai orang yang punya ekspresi emosi dataaar. Keluarga juga santai banget mengingat saya kerja suami jauh, jadi gitu deh bawaannya santai. Mikirnya suami pasti kecapekan, tiap minggu kudu naik moto ke luar kota.  Ada pasti rasa cemas. Tapi, kita percaya bisa diatasi. 

Setelah hasil test didapat, kita cari jadwal ke dokter iwan lagi. Jujur, susah banget cari jadwal karena kerjaan suami yang jauh. Setelah cari-cari jadwal akhirnya kita ketemu lagi sama dr.Iwan. Mengingat ketemunya sabtu minggu aja, dokter nyaranin buat coba Inseminasi, tapi yang harus dilakukan pertama yakni memperbaiki kualitas sperma. Untuk itu, suami diresepin obat. Saya gak dikasih obat apa-apa. Satu hal yang bikin surprise, obatnya 3,5 juta. Untuk sebulan. Ngik ngok. Oh ya, terapi pakai obat ini kudu dijalani 3 bulan. Tapi, kita tebus obatnya sebulan aja. 

Obatnya diminum rutin selama satu bulan. Tapi, pas lagi minu obat ini, masa subur gak ketemu. Hmm..jadi zonk kan. Nah, akhirnya kita stop terapi obat. 

Abis itu ngapain lagi usaha hamilnya? Hmmmm... gak ada. Sampai laamaa banget gak program-program lagi. 

......Zzzzzzzzz...

Akhir than 2016, suami lagi jenuh ama kerjaan di kantornya, apalagi sejak manajemen kantornya berubah total. Igo memutuskan resign dari kantornya dan memulai usaha wiraswasta. Saya langsung mikir, wah ini kesempatan buat promil lagi. Mumpung suami bisa di rumah terus. 

Berbeda dengan pemikiran awal dimana kita cuma mau jalur medis, akhirnya kita coba acupressure. Nah kenapa acupressure? karena dulu saya pernah belajar acupressure pas magang kuliah. Semua logikanya make sense bagi saya. Akhirnya, saya dan suami ikutan program acupressure. Biayanya 900 rb untuk 10 kali pertemuan. Sebagai informasi, acupressure ini dilakukan untuk meningkatkan antibodi diri dengan dipijat-pijat di titik tertentu yang ada di telapak kaki. Rasanya, masya Allah, kayak disiksa. Sakit banget. Suami datang lima kali pertemuan, Meskipun sakit dia bilang badannya entengan. Saya cuma 4 kali karena gak tahan sakitnya. 

Hasilnya, belum berhasil bikin hamil. Hehhehheh. Tapi boleh dicoba, emang badan jadi kerasa lebih fit. 

Karena udah tinggal serumah, sekitar tengah tahun 2017 kita coba untuk ke dr.Iwan lagi. Kita rencana mau coba serius Inseminasi untuk akhir 2017. Biar gak kesana dua kali dan ngirit uang konsultasi, suami cek sperma dulu ke Prodia. Hasilnya masih sama yakni dengan status sperma teratozoospermia. Saya gak pengen juga gagal saat inseminasi. Untuk itu, saya inisiatif pribadi untuk cek HSG. Cerita tentang cek HSG ada di sini. Seperti yang sudah disampaikan pada tulisan sebelumnya, hasil HSG saya adalah tuba kiri non paten dan kanan paten. Artinya tuba kiri saya mampet, sehingga sel sperma gak bisa masuk dan melakukan pembuahan. Berdasarkan info serta dokter penyebab penyumbatan ini bisa karena bakteri atau juga nasib.

Ini loh ilustrasi tuba non-paten. 

Berbekal dua test ini kami balik ke dr. Iwan lagi. Melihat hasil cek lab kami, langsung diresepkan obat lagi dengan dosis yang lebih tinggi untuk suami saya. Buat saya? gak usah kata dokternya. Cukup banyak berdoa, karena secara teori kemampuan reproduksi saya sudah menurun 50 %. Apalagi ditambah status sperma suami saya, jadi lebih complicated pastinya.  Biaya obat untuk sebulan adalah sekitar 4,5 juta. Kalo tiga bulan ya tinggal dikali tiga. Hihihh. Meringis kami. Shock lihat harga obatnya, kami pulang dan gak nebus obat. Abis itu....lupa lagi. 

Setelah mikir-mikir sebulan atau dua bulan sesudahnya, akhirnya kami tebus obatnya. Tapi cuma untuk sebulan pertama dulu. Kita juga nabung-nabung untuk beli obat pada bulan kedua dan ketiga. Mayan mahal yess. Dengan biaya obat 4,5 jutaan ternyata obat yang didapat untuk ternyata banyak banget. Kurang lebih satu kresek tanggung penuh obat. Huahahhaha. Suami saya langsung shock. Lucunya lagi, setelah obatanya ditebus suami saya males minum obatnya. Alasannya, pas minum obat harus siap hidup sehat no gorengan no junk food. 

Sebulan setelah obat ditebus, Igo baru mau minum obat. Obatnya terdiri dari suplemen protein, obat hormon, dan lain-lain. Saya liatnya ga tega juga karena obat yang dikonsumsi cukup banyak. Terlebih lagi ada satu obat bubuk yang kudu diseduh dan baunyaaa amis banget. Ternyata usut punya usut itu vitamin terbuat dari ikan gabus. Minum obat inipun semangatnya naik turun. Hal yang cukup wajar mengingat yang diminum banyak dan ga enak.

Minum obat ini juga maju mundur. Kalo inget 😅

Obat baru diminum seminggu, eh saya ternyata saya telat 2 minggu. Alhamdulillah hamil dan sekarang udah 18 minggu. Jadi, tanpa obatnya itung-itung sebagai bentuk ikhtiar yaa ...

                                                            -----------------------

Buat suami istri yang udah tinggal serumah dan berhubungan dengan teratur, tapi tak kunjung hamil, gak ada salahnya kok cek dokter. Daripada bertanya-tanya dan ditanya-tanya orang, disuruh minum ini itu, disuruh kayang, disuruh nungging. Insyallah kalo udah tau kenapa.. hati lebih tenang usaha lebih tepat sasaran. Tapi, manusia bisa berikhtiar yang kasih rejeki Allah :) . Ikhtiar kita sebagai wujud usaha doa juga kan.. Gak usah sedih-sedih, gak usah drama, semua akan dapat rejeki pada saat yang tepat. Allah Maha Tahu dari kita-kita :).

>> Info senam hamil di banjarbaru baca ini ya









Comments

  1. Ngebaca postingan ini saya dan istri jadi semangat promil lagi. Makasih pencerahannya Bu

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. jadi baper saya bacanya
    doakan kami juga ya agar sabar menungu kehadirannya dedek buat anak pertama kami yang sudah 10 th

    ReplyDelete
  4. Jadi promil buat insem nya jadi nga mba? Trus hasil nya gimana sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga jadi mbak, alhamdulillah dikasih rejeki kehamilan alami

      Delete
  5. Makasih mb sharingnya. Kl di rs ulin ada nomer contact buat dftr hsg ga mb? Trs bukan sm mahasiswa coas kan yg ambil tindakan? Soalnya aku promil sm dr. Rahayu, disaranin ke rs sari mulia sm dr. Johanes. Tp mahal bgt ya 3 smpe 4 juta. Haha. Kynya mau k ulin aja. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sama mahasiswa kok mbak. langsung sama dokter spesialis radiologi (dokternya cewek). Nggak ada nomer kontaknya mbak, daftar dulu nnati disepakati tanggalnya

      Delete
    2. Mbak kemarin cek HSG nya di ULIN ya?? Saya cek di ulin tp rasanya ga yakin krn pas tes hsg itu cairan kontras ga bisa masuk sampai habis 3 botol..

      Delete
    3. saya tahun 2021 cek HSG ke Ulin alhamdulillah pemeriksaannya lancar, ditangani dokter dan asistennya cewek semua

      Delete
  6. Sayaa jugaa lagi program sma dkter iwan .. karena saya prnah hamil tp hrus kuret .. promil x jdi sdkit agak ribet karena dktr ngga mau ambil resiko keguguran lgi .. jdii saya ngelakuin 15x tes .. 13 diantara ny tes darah , 1x tes urine , truz papsmear .. alhamdulillah semua hasil baik baik .. tp selalu respon awal mslh budget "wow" banget untuk 15 tes itu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba ,salam kenal ,klo gak keberatan bagi info donk mba progam di dr.Iwan dan biaya untuk 15 x test itu, please 🙏🙏🙏

      Delete
    2. tetap semangat. Semoga semuanya dilancarkan

      Delete
  7. Dokter nya itu dimana berpraktik yaa??

    ReplyDelete
  8. Dr. Iwan nya praktik hari apa aja ya, soalnya kami dari luar banjarmasin, takutnya udah kesana ternyata ga ada, rumah sakitnya pun ditelp ga angkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumat dan Rabu mbak, tapi sebaiknya reservasi dulu agar tidak dapet antrian bontot

      Delete
    2. Permisi mbak, untuk nomer reservasinya boleh minta? 🙏🏻

      Delete
  9. Assalam
    Mohon info space budget yang harus disiapkan untuk proses inseminasi tsb.
    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belom pernah mbak, tapi dari konsultasi terakhir dapat info dari dokternya bisa 20 jutaan semua. tergantung kasusnya. Tapi klo untuk suntik insemnya tok kalo ga salah di bawah 5 juta.

      Delete
  10. Mau tanya mba, kmrn pas mba k dokter mau insem itu gmn masalah biayanya apakah diminta dibayar duluan atau gmn.

    ReplyDelete
  11. Waah.. mba mksih ya article nya.. huhu saya dari batulicin.. maju mundur mau program

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d