Skip to main content

Waspada Penipuan Barang Berharga Murah

Sebenarnya saya enggan menceritakan kisah ini. Sedih dan speechles. Yup, saya dan banyak teman saya di kantor tempat bekerja saya dulu menjadi korban penipuan massal. penipuan dengan jumlah yang tidak sedikit. Maksud utama saya menulis ini adalah agar yang membaca tulisan ini lebih waspada dan kejadian yang terjadi pada kami tidak terjadi pada orang lain. 

Begini ceritanya, *tarik nafas*

awal mula ceritanya adalah dari tiket murah. sebut saja X, salah satu staff keuangan di kantor saya menjual tiket yang super duper murah. nah kabar ini berhembus dari mulut ke mulut dan langsung saja ditanggapi oleh banyak orang, karen atenttu saja para karyawan di kantor saya mayoritas adalah perantau di Pontianak. Tiket yang ditawarkan jauh di bawah harga pasaran. Bayangkan saja tiket yang dilabel maskapai dengan harga 1,3 juta bisa dijual oleh X dengan harga 500 ribu saja. Siapa yang tak tertarik?. Saya termasuk penikmat tiket murah ini. Pada saat mudik, saya menggunakan jasa X ini untuk membeli harga tiket murah ini, demikian juga banyak rekan saya di kantor. Akhirnya, tersohorlah X ini sebagai penjual tiket murah. oh ya, sistem pemesanannaya yakni kita beri uang terlebih dahulu, lalu menjelang keberangkatan barulah diberi kode booking. 

Curiga?, tentu saja tidak karena semua mendapatkan manfaatnya dan pasti mendapat tiket. 

Lambat laun X juga menjual gadget-gadget murah. Misalkan harga kamera 7 juta bisa dibeli dengan 3 juta saja. Curiga? mungkin sebagian curiga. Namun kecurigaan ini ditepis dengan hasil akhir yang memuaskan yakni beberapa orang sudah mendapatkan baranganya, dengan harga murah, komlpit dengan gransi dan sebagainya. intinya, produknya bukan barang Black market. lagi-lagi ini menepis kecurigaan banyak orang. 

sekali lagi, sistem pembeliannya adalah dengan memberikan uang dulu dan dua minggu kemudian barang yang diinginkan bisa ditangan.

Ada bukti bahwa barangnya benar-benar ada, juga X yang bekerja seperti biasa di kantor. Siapa yang tidak tertarik. Satu persatu memesan barang, mungkin hampir semua. Oh ya, saat banyak orang yang memesan barang ke X ini saya sudah resign, dan informasi ini saya dapat dari teman saya yang juga tertipu. 

Pesanan semakin hari semakin banyak. bahkan ada yang sampai memesan ratusan unit dan jumal uang yang diberikan mencapai ratusan juta pula. 

tak hanya berhenti di situ, barang yang ditawarkan makin beragam. ada mobil, motor, televisi, mesin cuci dan lain-lain. tentunya dengan harga yang sangat murah. Curiga?, tentu tidak karena sudah ada bukti barang yang datang. dari cerita teman saya bapak Y memesan mobil kepada X yakni mobil fortuner. dan guess what? mobil baru datang. 

Ada bukti, semua akhirnya menaruh kepercayaan tinggi kepada si X. banyak manajer-manajer di tempat saya memesan mobil dan memberikan uang yang tidak sedikit tentu saja, yakni puluhan juta rupiah. 

Dua minggu yang dijanjikan barang tak kunjung datang, sebulan, dua bulan, tiga bulan tak ada kejelasan. si X berkelit  dan sejenisnya..

Setelah tak ada kejelasan, oarang-orang yang tertipu ini bersatu dan akhirnya melapor ke polisi dan X tertangkap dengan santainya.Usut punya usut X pernah dipenjara di kota lain karena kasus yang sama. 

Mau minta ganti rugi? sepertinya sulit karena semua uang yang jika ditotal berjumlah milyaran rupiah ini raib entah kemana. Nah, saat ditanya polisi ternyata semua barang yang dia jual murah tersebut dibeli dengan harga normal dan dijual murah, alasannya untuk menyenangkan teman!

Alasan yang sangat sulit diterima dengan akal sehat. apalagi dengan track record X yang pernah tersangkut kasus yang sama. ada keterangan lagi dari keluarganya, bahwa sejak dulu X ini sudah sering melakuakn modus yang sama. 

Gangguan mental kah?, entahlah. yang jelas dia sangat cerdik dan rapi. Kok saya jadi mikirnya ada jaringan terselubung. 

oh ya, ternyata fortuner yang ada adalah mobil rental dalam kondisi baru. jadi akhirnya mobilnya ditarik lagi dari bapak Y yang sebelumnya udah sumringah. jika dilihat dari kasus mobil ini tentu saja niat menyenangkan teman tidak bisa dijadikan alasan. yang jelas ini adalah terencana, menurut saya.

Hmm, sampai sekarang baru ini ceritanya dan belum mendapatkan progress terbaru dari kelanjutan kasusnya. Semoga dapat diperoleh solusi yang adiiill..
Dari cerita ini yang tersisa adalah kesedihan, apalagi jika mendengar berita uang yang hilang dari teman-teman dekat saya. ada yang jutaan belasan, ada pula yang puluhan. ini bukan hanya terjadi pada segelintir orang saja. tapi satu kantor. bisa dibayangkan stres massal teman-teman disana.

saya juga koraban, meskipun hanya 400 ribu dan karena jumlahnya yang kecil dibanding yang lain saya sudah legowo. 

sabar ya teman-teman. Insya Allah akan ada rejeki lagi untuk kalian. 
Buat yang baca, saya harap lebih waspada agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.


Comments

  1. Serem bener pi penipuannya :( 400 ribu kalo buat tiket lumayan juga ituh. Btw postingan sebelum ini kok udah ga ada pi?

    ReplyDelete
  2. eh postingan randomnya kemana yaah?

    ReplyDelete
  3. @ mbak toa n armand : randomnya di simpen lagi..hahhahha...labilll. iya sih mbak sayang klo dipikir, tapi ya gmn lagiii :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d