Skip to main content

Asap oh Asap

Beberapa tahun lalu, saat umur saya awal 20-an (duileee..), saya punya cita-cita tinggal di kota yang tennag, gak banyak penduduknya, tapi fasilitas serba ada. Berbekal keinginan itu, saya membulatkan tekad untuk merantau!!. 

And.. here i am. Sekarang beneran merantau di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. 
Kota ini menurut saya relatif enak sih, gak padet2 banget, gak sering macet, tapi fasilitas juga komplit. Mau karaokean dari happy puppy, nav, diva, bahkan tempat karaoke abal-abal juga ada. Mau ke mall juga ada. Ya.. intinya cocok untuk tipikal orang-orang kadang pengen rame tapi sering pengen sepi kayak saya ini. 

Nah kedamain mulai terusik bulan ini, sebabnya adalah Asap. Dulu saya sering banget lihat liputan kabut asap di tivi. Eh sekarang saya ngalamin sendiri. And i can say, its extremely uncomfortable. Sewangi apapun parfum yang saya pakai, sebulan ini tetep wangi yang dominan adalah bau asap. Hal yang paling mengganggu dari asap ini muncul pada saat subuh. Kataya sih, pada saat subuh itu, udara dingin membuat partikel asapnya turun. Alhasil, kalo subuh-subuh rasanya nyesek. Bau kebakaran dan mau gak mau partikel-partikel pembakaran ini kita hirup. Inget banget deh, pada saat awal-awal kabut asap ini, pas subuh-subuh saya langsung ke dapur. Ngecek apa kompor saya bocor dan mikir ada kebakaran di rumah (kontrakan) saya. 

Siapa sih yang bakar-bakar ?

Dulu, pada saat ambil pelajaran kebakaran hutan, berulang-ulang prof Hero Saharjo bilang kebakaran gambut itu nyebar lewat bawah tanah. Dulu sih agak amazed kok api bisa nyempil-nyempil gitu. Ternyata oh ternyata emang benar. 

Kebetulan dua minggu ini, saya yang stausnya anak tadi sore, diutus ikut ke tumbang nusa (kalteng) yang merupakan site penelitian kantor. Site ini juga terbakar, jadi rekan-rekan kerja pada beramai-ramai menyelamatkan wilayah site. Nah, saya dapat kehormatan jadiiii TUKANG MASAK. Yess banget kan.  Di tumbang nusa, yang masuk wilayah kalteng ini kebakarnnya aje gile. 

Saking pekatnya asap di sini, suasana hati jadi sendu dan galau. Gloomy-gloomy day. Gimana ga, cahaya matahari gak bisa mencapai bumi karena kabut pekat. Dan kalu boleh saya bilang, saya rasanya ada di kota mati. Sepanjang kanan-kiri cuma lahan yang terbakar, daun kering, tak ada kehidupan, dan asap yang keluar di mana-mana. 

lalu siapa yang bakar? ternyata oh ternyata tak lain adalah orang yang punya lahan. Alasannya, mumpung panas, jadi bisa ngilangin semak-semak tanpa nebas. Well, thats quite simple reason yaa.. tapi yang kena orang seluruh dunia. Boleh gak sih disumpahin yang bakar itu, kena ISPA sampai 7 turunan? . Oh ya, kemarin saya lihat juga, lahan di sekitar bandara terbakar. Ini iseng tapi nyelakain orang banget ga sih? 

Lalu gimana? 

Saya mah apa atuh.. cuman nasi kering di panci magicjar. Jadi ya ga bisa ngapai2-in. Paling banter usahanya pake masker aja sambil berdoa berharap turun hujan biar gak asap lagi. Capek batuk-batuk tiap hari. Apaa..pindah lagi aja ke jawa #eh. 

Comments

  1. Adikku tinggal di Riau Safina, sering juga kena asap ini. Bahkan mereka sampai beli mesin penghisap asap yang sempat masuk kerumah untuk dibuang kembali.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati. Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur. Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi