Skip to main content

Di Banjarbaru....

sumber : sini 
A : Tinggal di mana
B : Banjarbaru
A : oh yang di jawa tengah?
B : Bukan. Kalsel
A : Oh, banjarmasin..
B : Bukan. 

Anggaplah A adalah bunga, dan B adalah saya. Nah, percakapan semacam itu sering banget terjadi saat ada teman yang bertanya di mana saya tinggal sekarang. Nah, buat yang belum tahu Banjarbaru itu terletak di kalimantan selatan, dan banjarbaru adalah kota dan sangat amat terjangkau akses, karena bandara udara provinsi kalimantan selatan letakknya di banjarbaru. Jadi, plis deh ga usah tanya banjarbaru di kota atau pedalaman, banyak hutannya atau ga. jawabannya, yaa kota pada umumnya :P . Ada mall-nya kok  :P 

sebagai perantau baru yang baru berumur lebih kurang 6 bulan, ada hal-hal menarik yang (mungkin ya ) cuma ada di Banjarbaru. 

Catch a Kecap !!!

Produsen kecap pastinya cinta banget sama masyarakat banjarbaru ini. Terlebih lagi jika ada survei marketing daerah potensial untuk memasarkan kecap, pastilah Banjarbaru dan sekitarnya jadi idaman. Gimana ga, masyarakat sini cintaaaaa banget ama kecap. 

makan sayur bening pake kecap. Sayur asam pake kecap. Soto pake kecap. urap pake kecap. apalagi makan ayam bumbu kecap, pasti pake kecap :P . Jadi jangan heran, jika ada bussiness trip ke banjarbaru dan sekitarnya, dapat nasi kotakan, maka kamu bakal ngeliat di tiap kardus itu ada sachet kecap. Satu sachet satu orang. 

Nah, buat yang pingin bisnis kecap, bisa banget ke Banjarbaru. 

Pentol everywhere..

Sebulan yang lalu, teman saya ada yang ke banjarbaru dan tanya makanan apa yang khas di sini. eng ing eng, perantau muda aka saya ini bingung dan akhirnya saya jawab pentol. 

Pentol atau bakso versi imut dan murah ini entah kenapa fenomenal banget di sini. Setiap tikungan ada jualan pentol. Ada keramain dikit ada yang jual pentol. Bahkan saya pernah jalan-jalan jam 1 malam, ada yang jual pentol dan ada yang beli loh. Heran deh, padahal rasanya yaa rata-rata aja gitu. 

Meskipun pentol ini jadi kesukaan warga sini, yang jual pentol mayoritas orang jawa. jadi memang bisa dikatakan, pentol atau bakso adalah tanda adanya keberadaan orang jawa di suatu wilayah. 

Sop atau Soto ?

Di sini, kata sop dan soto ini jadi sinonim. Pernah nih, lagi makan dan saya pesan sop. Bayangan saya sop dengan sayuran akan terhidang, tapi ternyata soto. karena saya ada di wilayah masyarakat banjar, maka sotonya adalah soto banjar (ya iyalah !! ) 

jadi, buat kamu yang mau ke sini. keep in mind, sop adalah soto agar tak kecewa. 

Transportasi Umum = No 

Banjarbaru ini bisa saya bilang kota yang sedang membangun. Pemukiman, perkantoran, pertokoan semua sedang di bangun. Kalo saya bilang sih, 5 tahun ke depan kota ini bakal maju. Tapi, rasa-rasanya kemajuan ini terkubur saat liat kondisi transportasi umum di kota ini. Duh, sedihnya. 

Sebagai pendatang, saat mau merantau di sini kamu kudu bisa punya transportasi pribadi, karena transportasi umum di sini kondisinya sedih. Cuma ada satu angkutan yang disebut taxi aka angkot butut. Nah, si taxi ini setengah jam sekali juga belum tentu ada. lebih miris lagi, saat udah lewat jam 5 sore, taxi nya juga ikutan santai di rumah, jadi pasti susah cari kendaraan umum jika malam hari. Ada sih, taxi sedan mirip2 taxi express. tapi, tarifnya jahanam banget. mungkin sama tarifnya kayak naik taxi premium di jakarta. 

Banjarbaru Kota Idaman

Banjarbaru kota idaman, begitulah slogan kota ini. No further comment needed. Semoga seperti inilah keadaanya, terus jadi kota idaman banyak orang :) 

best regard,

perantau 










Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati. Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur. Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi