Beberapa minggu lalu, di jakarta ibu kota tercinta indonesia ini lagi-lagi ribut (Lagi!!). Kali ini ributnya tentang taksi konvensional ama taksi online aka uber/grab. Sementara di jakarta pemerintah dan media seindonesia raya ngeributin gimana ngatur lalu lintas jakarta, pakai ojek online lah, taksi online lah, busway, apetebe, kereta cepat, em er te ato ribut metromini, kita kita cuma ngamati sambil mulai dilupakan.
Kondisi transportasi di jakarta ini saking banyaknya ampe ribut. Beda banget ama transportasi umum, di Banjarbaru, suatu kota kecil di Kalimantan Selatan yang letaknya sebelah ama ibukota provinsi, Banjarmasin. Ini ya, saya sebutin transportasi yang ada di Banjarbaru.
Taxi. memang sih taxi nya warna biru mirip taksi burung biru. Tapi, Jangan samakan taxi ini sama dengan taxi ekspress ato blubird di Pulau Jawa. Beda sekali pemirsa. Taxi ini cuma mangkal di Bandara dan tarifnya sungguh jahanam. Tarif taxi ini, dari Bandara ke kontrakan saya yang cuma 10 menit dari bandara tarifnya adalah 90 ribu. gak ada tarif argo, ato tarif buka pintu. Ini tarif model "gw punya taksi, lw mau naik apa nggak ya terserah lw. Asal bisa bayar!". lalu, tarif dari Bandara ke rumah saya yang sekarang (25 menit) adalah 110-120 ribu. taxi ini gak seliweran di jalan. Taksi ini cuma mangkal di bandara dan bisa dipanggil ke rumah. Tapi ya gitu, sekali lagi tarifnya jahanam. Daripada rutin pake taxi ini, mending kredit mobil!! Gitu kali yaaa pikir sebagian orang di Banjarbaru :))))
Angkot. Banjarbaru ada angkotnya, tapi orang sini bilangnya taxi juga. Warna angkotnya ijo tua kayak lambang partai pe-ka-be. Angkot ini cuma satu trayek, yakni dari landasan ulin ampe terminal martapura (kurang lebih 20 km). Tarif angkot ini, awalnya 3000/4000 pas saya pertama di Banjarbaru. BBM naik, tarif angkotnya naik jadi 5000. Harga BBM turun, eh tarifnya ga turun. Okesip. Angkot ini langka, mungkin kalo diskala-in ama CITES, ini angkot udah masuk Appendix II. Saking langkanya, nunggu angkot ini udah kayak nunggu jodoh. Karena semua orang butuh kepastian, akhirnya semua orang punya motor yang DP nya bisa 500 ribu aja di deler terdekat. Oh ya, karena angkot di Banjarbaru ini cuma 1 trayek, sedangkan masuk-masuk jalan kecil gak ada transportasi umum, jadi naik angkot susah juga kalo gak naik ojek. Jadi mahal banget deh.
Angkutan Antarkota dalam Provinsi. Secara resmi, angkutan antarkota dalam propinsi ini berupa mobil L300 yang bentukannya udah mati segan hidup tak mampu. angkutan ini menghubungkan beberapa kota yang pastinya terbatas jumlahnya. Waktu tunggunya gak pasti, dan angkutan ini multifungsi banget. Bisa ketemu tukang ikan, ato sayur mayur. Lagi-lagi karena kita lelah atas ketidakpastian, ada orang yang nikung dengan menggunakan taksi gelap. Taksi gelap ini jadi andalan masyarakat untuk menjangkau kota-kota lain. Tinggal sms, lalu dijemput di depan rumah deh biarpun rumah kita nyelip2. Harga taksi gelap ini menurut saya sih relatif terjangkau. Banjarbaru-Batulicin (6-8 jam perjalanan) tarifnya sekitar 150 rb.
Kendaraan Pribadi. Saat negara yang produksi kendaraan pribadi (baca : Jepang) membatasi masyarakatnya untuk pake motor, di sini setiap orang kudu pake kendaraan pribadi. Yah kalo ga punya motor atau mobil, pingsan aja deh hidup di banjarbaru. Motor dan transportasi umum ini hubungannya kayak ayam ato telor. Mana yang duluan. Transportasi umum mati karena banyak motor, atau banyak motor karena gak ada transportasi umum? hanya nenek moyang banjarbaru mungkin yang tahu...
suram kan, transportasi umum di sini. Gak usah mikir2 kereta cepat deh... transportasi umum biasa aja mati suri. Kalo aja ada taksi argo murah kayak ekspress, pasti laku keras deh di sini. Nah bapak2 ekspress ato blubird, daripada ribut2 di jakarta sana mending pindah deh ke sini...
Luvu banget veritanya.. . Btw aq baru pindah ke banjarmasin dari surabaya .. Hahaha
ReplyDeleteLike it... 😂