Skip to main content

Harga Mahal Sebuah Akses

Pernah terbayang kamu gak bisa dapat suatu kesempatan karena susahnya akses? mungkin jika kita tinggal di pulau Jawa, semua bisa teratasi dengan sedikit perjuangan, tapi tidak begitu untuk kami-kami yang tinggal di Kalimantan. 

Ceritanya, minggu kemarin saya ikut test TOEFL di Univ Lambung Mangkrurat, Banjarmasin. Saya yang tinggal di Banjarbaru harus pagi-pagi berangkat, dengan tiga kali ganti kendaraan umum. Di sini saja, saya merasa alangkah enaknya yang tinggal di sekitar Bogor, tes toefl bisa dilakukan dengan mudah. Aksesnya, tak ada yang sulit tuh. 

Kebetulan saya datang kepagian, ya gak papa lah antisipasi macet ketimbang telat pas ujian. Nah sebelum ujian itu, saya ngobrol-ngobrol dengan beberapa peserta. Salah satunya adalah kakak kelas saya, E38.Kakak ini adalah abdi negara di TN Tanjung Puting, Kalteng. Untuk ikut test TOEFL ini, dia harus naik pesawat yang ternyata di cancel karena pesawatnya rusak, sehingga akhirnya kudu naik kendaraan umum via darat dengan jarak tempuh sekitar 20 jam. Tak hanya itu saja, dia kudu cari penginapan dan tetek bengeknya. Untuk kepulangannya, dia akan naik pesawat ke sampit yang notabene cuma ada seminggu tiga kali, itupun jika pesawatnya gak rusak. 

Denger perjuangan si kakak kelas buat ikutan TOEFL, saya merasa tertampar. Cuma ganti angkutan tiga kali aja udah ngeluh. Ngok !!!

Cerita di atas, cuma satu cerita dari peserta toefl. Ternyata, banyak juga yang senasib dengan kakak tersebut. Menempuh banyak rintangan untuk test toefl. ga  kebayang kan minimnya akses di luar pulau jawa ini. Tak hanya minim transportasi, akses pendidikan semisal tempat yang menyelenggarakan test toefl ini juga minim. tentu saja ini cerminanan gimana pendidikan di luar pulau jawa ini. 

kebayang kan, berapa banyak orang pinter yang tenggelam ditelan waktu karena susahnya akses pendidikan kayak gini. Misal nih, udah talented, IQ diatas rata-rata, tai susah dapat beasiswa karena beasiswa mensyaratkan test toefl. Karena lokasi pelaksanaan toeflnya jauh, jadi kesempatan itu ilang deh. Jauh banget ama di jawa. Ya kan.. cedih. 

Semakin lama tinggal di luar pulau jawa, jujur sih bikin males liat berita mainstream. Soalnya, yang diurusin ibukota terus. yang lampu mati dikit ngeluh, yang ada salah dikit demo, dan tetek bengeknya. Manja banget sih. cuman bilang gitu sih kalo lagi kesel. 

Gak bisa ngapa2in. Ini nulis juga berrati ngeluh (manja!) Semoga sih ke depannya, pembangunan gak melulu di jawa. lebih merata ya pak Jokowi ...



Comments

  1. diriku dl kudu bolak balik Jakarta...emang syusah sih klo d luar Jawa...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kutu Babi : Litlle Monster di Hutan

Bagi yang suka beraktivitas masuk keluar hutan Kutu Babi pasti bukan merupakan hal yang asing lagi. Kutu babi merupakan jenis serangga yang ukurannya kecil. Untuk dapat melihatnya perlu kaca pembesar. Ukurannya yang kecil tersebut menyebabkan leluasa bergerilaya di tubuh mangsa (baca : manusia). Tak ayal lagi, kelihaian menyusup ini menyebabkan serangan kutu babi tak terhindarkan. Kutu Babi senang sekali menyerang daerah yang tersembunyi, terutama daerah lipitan baju, lipatan kulit, dan daerah yang lembab. Kutu babi biasanya ditemui di hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah.

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh serangga kecil ini luar biasa. Lagi-lagi ukurannya yang mini membuat makhluk ini bisa masuk ke dalam pori-pori. Satu lagi yang masih membuat saya penasaran adalah daya tahan kutu ini terhadap berbagai jenis obat penghilang gatal. Secara ilmiah artikel yang membahas tentang kutu babi ini belum saya temukan. Tetapi ada gambar yang memberikan gambaran betapa kecilnya kutu babi.

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati.
Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur.

Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi setelah…

Mati Suri Transportasi Umum Banjarbaru

Beberapa minggu lalu, di jakarta ibu kota tercinta indonesia ini lagi-lagi ribut (Lagi!!). Kali ini ributnya tentang taksi konvensional ama taksi online aka uber/grab. Sementara di jakarta pemerintah dan media seindonesia raya ngeributin gimana ngatur lalu lintas jakarta, pakai ojek online lah, taksi online lah, busway, apetebe, kereta cepat, em er te ato ribut metromini, kita kita cuma ngamati sambil mulai dilupakan. 
Kondisi transportasi di jakarta ini saking banyaknya ampe ribut. Beda banget ama transportasi umum, di Banjarbaru, suatu kota kecil di Kalimantan Selatan yang letaknya sebelah ama ibukota provinsi, Banjarmasin. Ini ya, saya sebutin transportasi yang ada di Banjarbaru. 
Taxi. memang sih taxi nya warna biru mirip taksi burung biru. Tapi, Jangan samakan taxi ini sama dengan taxi ekspress ato blubird di Pulau Jawa. Beda sekali pemirsa. Taxi ini cuma mangkal di Bandara dan tarifnya sungguh jahanam. Tarif taxi ini, dari Bandara ke kontrakan saya yang cuma 10 menit dari bandar…