Skip to main content

Main ke Bromo yang lagi Aktif

Bukit Teletubbies
Pada lebaran kemarin, selain mudik saya dan suami menyempatkan jalan-jalan Sebenarnya ada dua tempat yang jadi alternatif untuk dikunjungi yakni gunung bromo dan juga daerah Batu, Malang. Info yang ada, daerah batu bakal jadi sepadat puncak pas musim liburan gini. Gak seru juga kan kalo niatnya liburan eh ternyata kena macet. Akhirnya kami memutuskan untuk ke Bromo. 

Awalnya kami berencana naik kendaraan umum untuk ke bromo dengan bus via probolinggo. Tapi beberapa hari sebelum hari H, kami utak atik google map dan ketahuan deh jarak bromo sama rumah saya (Bangil-Pasuruan) ini ternyata 70 km yang bisa ditempuh dengan motor 1.5 jam aja. Nah, daripada ribet naik kendaraan, kita memutuskan untuk ke bromo dengan motor. 

Kita sama sekali buta rute untuk ke bromo, Tapi, kita terbantu banget ama google map. Suami saya yang nyetir, dan saya di belakangnya pegang hape dan bilang siap-siap ke suami kalo mau belok. Ada banyak jalan masuk menuju bromo, tapi kami memilih jalan masuk via cemoro lawang.

Magnificent Bromo 



Alhamdulillah kurang lebih 1 jam sudah sampe. 

Where I stay? 

Resepsionis di Hotel Wisata Adas
Untuk penginapan, kami sudah booking jauh-jauh hari. Hotel Wisata Ngadas jadi tempat nginap kami untuk sehari. Awalnya saya mau booking via traveloka. Tapi, entah kenapa saya kepikiran untuk booking hotelnya langsung dan ternyata lumayan banget. Hotel ini di traveloka ratenya 700-an tapi saat saya booking langsung ke hotelnya ratenya adalah 550 rb/malam untuk high season. Sedangkan untuk low season harganya 450 rb/malam. 

Kenapa saya pilih hotel ini, karena hotel ini menawarkan kasur yang keliatannya bagus, dapat sarapan buat dua orang, air panas untuk minum,  kamarnya bersih dan juga yang terpenting adalah air panas buat mandi. Gak asik kan capek2 plesir tapi buat istirahat gak oke? Oh ya sekedar info, jika dibanding-bandingkan itungganya hotel ini terjangkau loh. karena dari yang saya lihat di traveloka, banyak homestay dengan rate 300 an tapi fasilitasnya jauhhh dibawah standar. Jadi gak ada salahnya kan nambah 100 rb tapi jadi nyaman. 

Depan Kamar Hotel, Pemandangannya Kebun Sayur
Sangat disarankan untuk yang berkunjung ke bromo buat booking jauh-jauh hari karena bakalan susah kalo hari H cari-cari di sini karena terlalu banyak tawaran (Semacam ditawarin vila di puncak, yang mirip ama milih kucing dalam karung) dan mungkin kita sudah lelah untuk milih-milih hotel dengan fasilitas yang oke. 

ATM oh ATM 

Ada satu kejadian ga enak saat ke sini yakni saya gak punya uang cash yang cukup. Awalnya saya pikir akan ada ATM di lokasi wisata ini, eh ternyata ga ada. Akhirnya, kami harus turun lagi ke Sukapura dengan jarak tempuh sekitar setengah jam ke bawah. Lumayan banget sih, karena jalannya sangat berkelok-kelok jadi tambah capek deh, Jadi sangat disarankan, yang mau ke bromo, bawa uang cash banyak-banyak. 

Jeep Tour 

Tanpa perlu filter, bromo selalu indah
tahun 2010 saya pernah ke bromo untuk PKL. Dari PKL itu saya ingat bahwa setiap wisatawan bisa beli tiket jeep jika ingin liat sunrise ke Pannajakan. 6 tahun berlalu, eh ternyata pola ini berubah. Sekarang, kita harus sewa jeep satu mobil. Satu mobil 750 rb. Errrr, mahala kan. Apalagi saya cuma berdua. 

Akhirnya saya coba nanya ke resepsionis hotel tentang sharing jeep. Alhamdulillah si mbak resepsionis nanyain ke travel agent dan bisa. Kami harus membayar 150 rb/orang untuk ikut jeep tour. Eh tapi biaya in belum termasuk biaya masuk ke Taman Nasional yakni 30 rb/orang. 

Kami dijemput di depan hotel jam  4 pagi. Harusnya, kami ke Penanjakan II. Tapi karena high season, jadinya macet. Ratusan jeep berderat-deret hingga gak bisa gerak lagi. Akhirnya kami cuma lihat sunrise dari salah satu spot jauh sebelum penanjakan. Tapi masih bagus, meskipun yaa ga sebagus pemandangan dari penanjakan. 

Setelah kurang lebih satu jam menikmati  pemandangan sunrise, akhirnya jeep kami berkonvoi dengan jeep lain menuju lautan pasir. 

Kawah Bromo yang Aktif 

Sebelum ke bromo, saya bertanya ke teman yang kebetulan pegawai di TN Bromo Tengger Semeru mengenai aman atau tidaknya berkunjung ke sini saat lagi aktif. karena informasinya aman, saya jadi deh ke bromo. 

Kawah Bromo
Berbeda dengan pemberitaan di tivi yang menyatakan bahwa pihak pengelola mewanti-wanti untuk berada di jarak aman radius 1 km, di lapangan kenyataannya berbeda sekali. Wanti-wanti untuk berad di luar radius 1 km ada di pintu masuk dan di tiket saja. Selebihnya tidak ada. 

Di lautan pasir, terutama daerah yang padat wisatawan, tidak ada larangan untuk mendekati kawah. Malahan di dekat situ, banyak sekali yang menawarkan kudanya untuk naik ke bibir kawah. Tak ada satupun petugas yang melarang untuk naik ke bibir kawah. Ironi sekali, terlebih lagi di pemberitaan media massa, pengelola justru menyalahkan wisatawan yang membandel ke bibir kawah. 

Saya dan suami memutuskan jalan kaki hingga ke bibr kawah. Badan saya sudah tak seprima pas kuliah. Sebentar aja nanjak pegelnya luar biasa....

Pada saat bromo aktif, sangat disarankan untuk memakai masker karena memang debunya luar biasa. Terlebih jika arah angin mengarah ke kita. Menurut saya pribadi, bromo yang lagi aktif ini indah sekali, bisa dilihat debu vulkanik membumbung tinggi dan sekali-sekali ada pijaran di kawah tersebut. Rasanya magis dan terheran-heran melihat fenomena yang ada di alam. 

Kemanapun jadi indah asal bersama :) eaaaaa



Comments

  1. Baru bacaa! Hahaha aduuhh bromooo! kayak dipancing langsung keluar itu memori2 lama :)) btw bukannya ada ATM BNI yaa deket java banana atau deket pintu masuk cemoro lawang? agak2 lupa sih secara dulu kita bilang itu mesin ATM tertinggi se-pulau Jawa,Hehehe~!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kan dulu perasaan ad, makanya pede banget. Sekarang beneran ga ada man. Gk da salahnya kok maen kesana lagi :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d