Skip to main content

Gampangnya Bikin Artikel Hoax di Internet

Pic source : Here 
Hari ini, 28 November 2016, UU ITE baru mulai diberlakukan. Tujuannya buat ngurangi berita hoax yang dengan mudahnya nyebar di internet dan memporak porandakan tingkat kewarasan dan kedamaian bangasa ini. Apalagi ternyata di indonesia raya tercinta ini masih banyak yang gampang percaya berita sensasional dari situs-situs ga bisa dipercaya, juga termasuk dari platform blogspot kayak akun saya ini. Yah jangankan berita, yg percaya posting fesbuk "klik , share dan ketik amin anda akan masuk surga" aja masih jutaan. Duh sedih. 

UU ITE ini memang terkesan seperti kita balik ke orde baru. Yang katanya sih kalo ada publikasi dikit yang nyindir pemrinah langsung ilang deh yang nulis. Ajaib banget yaa. Tapi daripada berfikir negatif, saya lebih milih mikir positif dengan berharap  UU ini bisa dilaksanakan dengan benar. Bukan menjadi UU Karet, yang jadi fleksibel tergantung pihak mana yang berkepentingan. 

Sejak pilpres 2014 lalu, saya ngurangin banget share berita dari fesbuk. Terlepas itu bener ato nggak, saya lebih milih gak share, karena saya gak ada waktu males crosscheck itu berita bener apa nggak. Jadi, daripada salah, mending gak share aja. Kenapa? karena saya tau gimana gampangnya mengaburkan berita di internet. 

Awal tahun 2013 saya diminta orang untuk jadi content writer di blog yang dia buat. Content writer di situ, saya diminta sepaket artikel, dimana sepaketnya ada 100-150 artikel. Saya inget banget, untuk paket pertama saya diminta bikin 100 artikel tentang manfaat bahan alam untuk kecantikan. Contohnya, alpukat bisa mengencangkan kulit, bikin jerawat ilang pake stroberi dan lainnya. Syarat bikin artikel itu gampang banget; cukup nulis kira-kira 300-500 kata, ada kata kunci yang sudah ditentukan, foto-foto dan sedikit teknik SEO. Jadi deh 100 artikel yang diminta. Darimana saya dapat informasi itu?  ya dari internet. Termasuk foto-fotonya. Comot sana-sini gambarnya. Entah punya siapa. Yang jelas, web yang saya sitir juga pasti ngutip darimana tau, yang belum tentu sesuai faktanya. Tapi, gak ada yang tahu kan?. 

Saya yang jadi tukang tulis pas saat itu, gak mikirin kebenaran artikel yang saya buat, selama bos saya oke dengan artikel saya, dan saya dibayar untuk setiap artikel yang saya buat. Kalo saya tega mah, bisa kali saya bikin informasi biji alpukat klo diparut bisa bikin muka flawless dan cepet dapat jodoh. Oh ya, sebagai informasi, bayaran yang saya dapet untuk satu artikel itu 8000 perbuah. Dikit kan, tapi lumayan, buat ngenyangin perut mahasiswa yang dompetnya pas-pasan. 

Lalu, bayangin aja disana ada banyak pengagguran yang butuh sesuatu buat ganjel perut dan ada orang jahat disana yang nawarin ribuan pengagguran gitu buat bikin berita yang ngaco dengan iming-iming yang menggiurkan dan punya niat tertentu. Contoh sederhana, pokemon yang artinya aku yahudi ato semua hal yang diterjemahin jadi aku yahudi. ngakak kan. tapi ya gitu, sedihnya banyak yang percaya. Yang dikerjakan orang yang ngetik berita itu simpel aja. Buat tulisan, share, makin banyak yg share bayarannya makin gede. Tapi, rakyat kita jadi terpecah belah dan jadi gak cerdas. Saat negara lain udah neliti black hole, kita masih tengkar aja.. abis tengkar, tetep buang sampah sembarangan. Sedih kak. 

Jarang-jarang sih ini, posting serius. Tapi kegalauan saya liat postingan fesbuk akhir-akhir ini udah di level tinggi dan bikin saya niat tulisan ini. So, plis plis jangan gampang percaya berita yang ada di media sosial. Cek dulu kebenarannya, baru share. 




Comments

Popular posts from this blog

Kutu Babi : Litlle Monster di Hutan

Bagi yang suka beraktivitas masuk keluar hutan Kutu Babi pasti bukan merupakan hal yang asing lagi. Kutu babi merupakan jenis serangga yang ukurannya kecil. Untuk dapat melihatnya perlu kaca pembesar. Ukurannya yang kecil tersebut menyebabkan leluasa bergerilaya di tubuh mangsa (baca : manusia). Tak ayal lagi, kelihaian menyusup ini menyebabkan serangan kutu babi tak terhindarkan. Kutu Babi senang sekali menyerang daerah yang tersembunyi, terutama daerah lipitan baju, lipatan kulit, dan daerah yang lembab. Kutu babi biasanya ditemui di hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah.

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh serangga kecil ini luar biasa. Lagi-lagi ukurannya yang mini membuat makhluk ini bisa masuk ke dalam pori-pori. Satu lagi yang masih membuat saya penasaran adalah daya tahan kutu ini terhadap berbagai jenis obat penghilang gatal. Secara ilmiah artikel yang membahas tentang kutu babi ini belum saya temukan. Tetapi ada gambar yang memberikan gambaran betapa kecilnya kutu babi.

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati.
Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur.

Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi setelah…

Mati Suri Transportasi Umum Banjarbaru

Beberapa minggu lalu, di jakarta ibu kota tercinta indonesia ini lagi-lagi ribut (Lagi!!). Kali ini ributnya tentang taksi konvensional ama taksi online aka uber/grab. Sementara di jakarta pemerintah dan media seindonesia raya ngeributin gimana ngatur lalu lintas jakarta, pakai ojek online lah, taksi online lah, busway, apetebe, kereta cepat, em er te ato ribut metromini, kita kita cuma ngamati sambil mulai dilupakan. 
Kondisi transportasi di jakarta ini saking banyaknya ampe ribut. Beda banget ama transportasi umum, di Banjarbaru, suatu kota kecil di Kalimantan Selatan yang letaknya sebelah ama ibukota provinsi, Banjarmasin. Ini ya, saya sebutin transportasi yang ada di Banjarbaru. 
Taxi. memang sih taxi nya warna biru mirip taksi burung biru. Tapi, Jangan samakan taxi ini sama dengan taxi ekspress ato blubird di Pulau Jawa. Beda sekali pemirsa. Taxi ini cuma mangkal di Bandara dan tarifnya sungguh jahanam. Tarif taxi ini, dari Bandara ke kontrakan saya yang cuma 10 menit dari bandar…