Skip to main content

Cerita Hamil: Expectation vs Realita (Update Minggu ke-31)

Setiap orang punya cerita hamil masing-masing, termasuk saya. Mikirnya sih begini dan begitu saat hamil, nyatanya banyak yang tidak sesuai dengan pikiran saya. Intinya, hingga postingan ini ditulis, proses selama kehamilan ini tidak sesulit yang dibayangkan dan tidak semudah yang dipikirkan. 

Morning sick dan gejala hamil muda 
Sebelum hamil, saya banyak baca-baca tentang gimana lemesnya pas hamil muda, anti masak, bau ini dan itu. Nyatanya, yang saya takutkan ini tidak terjadi. Memang sih saya morning sick, muntah-muntah setiap bangun tidur. Tetapi habis itu, alhamdulillah seger, apalagi kalo abis dikasih makan. Huehehheheh. Alhamdilillah, semua aktivitas bisa saya lakukan dengan lancar jaya. Termasuk masalah produktivitas di kantor. Cerita teman-teman sih, pas hamil pengennya ga kerja. susah mikir, pokoknya malesssss. Tapi lagi-lagi saya menjalani hari-hari di kantor dengan normal. Masih bisa nulis jurnal mengkonsep ini dan itu. Yeayyyy...
Steady Weight Gain 
Jauh sebelum hamil, juga saat hamil muda saya udah cari-cari tahu bagaimana caranya kenaikan berat badan saya normal dan gak berlebihan saat hamil. Yaah, naik 10 kilo aja lah. Tapi harapan hanya tinggal harapan. Jujur aja, saya gak terlalu sering nyemil layaknya cerita temen-temen yang hamil yang maunya makan ini itu, ngemil ini itu, dan ngidam ini itu. Tapi, semua masih terkontrol. Emang sih, ada sedikit porsi yang ditambah dibandingkan sebelum hamil tapi beneran deh gak over. Malahan saya udah jarang makan nasi pas malam. Tapi-tapi berat badan saya tetap membumbung tinggi kayak bibi Marge-nya Harry Potter. Naik naik dan naik. Hahahhaha. Pas kehamilan 30 minggu, BB saya aja udah naik 12-13 kilo. Apalagi pas awal hamil udah gendut, dan udah pendek. Jadilah makin bulet kayak buntelan beras. Hiks hiks.
Awal-awal sedih banget lihat timbangan yang geser ke kanan. Sampai-sampai saya pernah nangis waktu beberapa temen bilang badan saya melar banget pas hamil ini. Sedih dan menyalahkan diri sendiri. Tapi kesini-sini, saya rasanya sudah ikhlas melihat kenyataan hormon mempermainkan tubuh saya. Yaaa gimana lagi. Sambil kalo ada yang komen lagi terkait naiknya BB saya ini saya sabar-sabarin diri sendiri nanti semoga bisa turunin BB abis lahiran. Bisa olahraga dan lain-lain. Yang penting sekarang sehat si utun di perutnya. Amiin amin. Sebenernya masih sering sedih liat timbangan BB geser ke kanan. Sabar sabar yaaa...ini ujian. hahahhahha.

Early Baby Blues? 
Ada perubahan signifikan saat hamil. Terlebih pas hamil muda saya sempet ngeflek yang mengharuskan saya bed rest. Gak boleh kerja dua minggu. Dari kejadian bedrest ini saya mellow banget. Ya gimana ga, saya yang biasanya suka kemana-mana, aktivitas ini-itu, biasa mandiri dan strong kok tiba-tiba suruh tiduran aja. Hiks. Sedih banget. Di situ saya mulai galau, rasanya saya kehilangan power saya selama hamil. Ada banyak agenda kerjaan ke lapangan yang saya hindari, yang jujur aja bukan safinah banget. Sempet mikir, wah segininya terbatasnya kegiatan selama hamil. Sempet nangis-nangis bombay karena perubahan ini. Entah ini nangisnya karena hormon bawaan pas hamil atau beneran sedih. Untungnya, semakin ke sini-sini udah mulai ikhlas. Sambil mengingatkan diri sendiri "Calm down safinah, it wont last forever. Mikirin kerjaan gak akan ada abisnya, ini waktunya untuk kehidapan pribadi". Akhirnya, lama-lama makin legowo, dan bisa fokus buat kegiatan lain seperti nulis data-data lama yang mangkrak diolah dan lain-lain. Sempet kepikiran sih, gimana nanti kalo udah lahiran. Apa masih bisa produktif? Lets see, semoga mestakung yaa...

Saat ini usia kehamilan udah atau masih 31 minggu. Masih ada kurang lebih maksimal 10 minggu lagi untuk cerita hamilnya. Apa yang akan terjadi. Enjoy dan kita tunggu apa yan terjadi :)

Melebar :). Ini sih foto 24 minggu. Sekarang mah ya jelas tambah lebar.


Comments

  1. Alhamdulillah safinah,, selamat ya!! Aku baru buka blog lagi mau mulai nulis2,, eh liat postinganmu seneng banget! Selamat safi, sehat2 terus ya ibu dan bayinya 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mutiii...amin amin amin. Ayo dong nulis lagi, aku pasti baca. Sepi bgt skrg dashboard :)

      Delete
  2. Aaakkkk aku baru tauuu pas banget lagi buka dashboard blog! Selamat sapiiiiiii..... lancar terus yaaa aminn aminn!! :-)

    PS: padahal sering twitteran ya kita, hihihi aku sampe gak ngeh kamu lg expecting :*

    ReplyDelete
  3. Btw, paragraf terakhir, maksutnya masih ada maksimal 10 minggu lagi cerita hamilnya? >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mamahnya kata...emg updatenya di blog aja. Eh iyaa..10 minggu lagi maksudnya.. ntr diedit ah :)

      Delete
  4. I'm happy for you mbaaak..sehat2 terus yaaa..
    kiss from Brisbane xoxo

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d