Skip to main content

Halo Gamila :)

Akhirnyaaa datang juga!

Yang dinanti-nanti akhirnya datang juga, Gamila Hafsah Wibowo. Setelah udah mulai bosan karena terlalu awal ambil cuti, sudah mulai bosen senam hamil karena si jabang bayi gak kunjung nongol (harapannya lahiran pas usia 38 minggu), sudah bingung bersihin ato beresin apa di rumah, akhirnya pada 21 April 2018, tepatnya saat kehamilan 39 minggu, si utun lahir juga. Yuhuuuu..

Proses Lahiran 
prosesi lahiran gamila dimulai dari pecahnya ketuban pagi-pagi, tepatnya jam 5 pagi. Wah ternyata pecah ketuban ini heboh banget ya, tidak sesuai dengan bayangan saya sebelumnya bahwa pecah ketuban ini cuma rembesan aja. Nyatanya, saya kayak ngeluarin air satu ember dari rahim. Basah kemana-mana deh. Setelah ngerasa pecah ketuban, saya bangunin suami dan kita siap-siap ke rumah sakit. Tas untuk ke rumah sakit yang sudah disiapkan langsung dibawa dan tak lupa bawa perlak untuk dipasang di kursi mobil karena memang air ketubannya kemana-mana. 

Gak kebayang deh kalo pas lahiran suami gak ada di rumah. Dulu mikirnya nanti order gocar kalo mules-mules pas suaminya absen di rumah. Tapi ya masa iya order go car pagi-pagi dengan kondisi basah sana-sini. Alhamdulillah alhamdulillah dimudahkan dengan suami lagi siaga di rumah. 

(( Wahai bapak-bapak jadilah istri siaga yaaaa...))

Sampai di RSIA Mutiara Bunda, saya langsung masuk kamar dan cek bukaan. Ternyata baru bukaan satu. Selanjutnya, disuruh rebahan, ga boleh gerak banyak karena kondisi ketuban udah mau habis. Setelah cek bukaan, selanjutnya saya diambil darah untuk cek lab dan cek alergi antibiotik. Tambah lagi, cek CTG (bener gak sih) untuk tau denyut jantung bayi dan kontraksi. Dari situ, ketahuan belum ada kontraksi yang intens.  All is well. 

Pukul enam pagi, saya dikasih sarapan. Makan sarapan masih lahap sekali. Rasa sakit kontraksi belum intens, masih datang dan pergi. 

Sekitar pukul tujuh, dokter kandungan saya datang. Rasa sakit udah mulai tapi masih wajar dan bisa dikendalikan. Dokter langsung cek kandungan dengan USG yang hasilnya kelihatan bahwa air ketuban saya tinggal dikit banget. Dokter kemudian menyarankan induksi yang disuntikkan lewat infus. 

Setelah disuntik obat induksi, drama mulai terjadi. Saya sudah tidak doyan makan atau ngemil. Rasa sakit nyoi nyoi semakin menjadi-jadi diatas jam 10 pagi. Berkali-kali suster mengingatkan untuk gak teriak-teriak. Tapi, saya mah ekspresif. Yaaa teriak terus karena emang sakit dari disuntikkan obat induksi sampai jam dua belas, ternyata masih bukaan 3 atau 4. Saya dengernya aja shock, masak iya udah sakit sebegininya masih jauh ke bukaan 10. 

Pukul 1 siang, saya mulai nangis ke suami minta operasi aja. Gak tahan sakitnya. Suami pun panggilin bidan sekitar pukul setenga dua dan ternyata sudah bukaan 7. Hal ini menjadi kabar baik karena sudah dekat ke bukaan sempurna yang artinya gak perlu ambil keputusan operasi sesar dulu. 

Akhirnya pas jam dua, saya dipindah ke ruang tindakan. Kurang lebih setengah empat proses mengedan-ngedan sudah dimulai dan jam empat kurang lima menit si utun sukses dikeluarkan. Ahhh...legaaa :) . Akhirnyaaa...

Selama proses dari jam dua sampai jam empat ini, saya kena omel terus baik sama bidan plus dokter karena saya teriak-teriak terus. tapi yaaa gimana, saya ekspresif. Selama proses saya sakit ini, ada suami yang menenangkan saya dan ternyata dia bisa berperan jadi Doula (macam artis-artis yang lahiran denan jasa doula), yang ternyata ngebimbing saya untuk nafas jadi rasa sakit bisa dikontrol. eh salah deh, bukan dikontrol...tapi mungkin bahasa tepatnya bisa dinikmati dengan terpaksa tapi tidak menyerah.

Well, Welcome to the world, Gamila Hafsah Wibowo :). 
Baik-baik ya dek ...

Comments

  1. Bwahahahaaa.... Gw koq baru baca yang inih ya. Ngekek ngebayanginnya. :-p

    ReplyDelete
  2. dek Mila fantastis nih ... Saphie teriak2 itu sesuatu banget lho kkkk

    ReplyDelete
  3. Mba mw tanya di RS mutiara bunda sama dr siapa lahirannya? Total biaya klo pake di induksi itu brpa ya? Oh iya pas pasca melahirkan dapet pijat laktasi ga dri tenaga medis dsna? Makasih sebelumnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan dr. Rahayu mbak, Kemarin dengan induksi pas 10 juta. Setelah melahirkan ada bimbingan laktasi (dipijat dan diajari pelekatan).

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d