Skip to main content

Seputar Manajemen MengASI Gamila

ASI itu adalah hak bayi dan itu bukan pilihan 
terlebih lagi ada perintah dalam Al-quran untuk mengAsihi Bayi. 

Anak baru satu sok kerepotan untuk ASI?

kalimat-kalimat tersebut selalu terngiang-ngiang oleh saya jika muncul keinginan males untuk mompa asi. Terus kepikiran..Eh udah dikasih me-time banyak (kerja) kok egois banget. Lagian kan repot kalo malem-malem bangun bikinin susu formula (tetep yaa ini maknya ga mau repot). 

Faktor-faktor di atas menjadi penyemangat saya untuk mengAsi gamila dari lahir. Alhamdulillah sampai sekarang lancar dan (fingercross) semoga bisa sampai dua tahun ya. 

Beberapa teman sempat bertanya bagaimana cara manajemen ASI Gamila. Ini sedikit saya share ya..

Bikin Stok ASIP Beku saat masih cuti

Saya bikin stok ASIP beku sejak usia gamila kira-kira 3 minggu. Gak pakai ngoyo, sehari saya targetkan minimal satu kantong saja. Tapi, setelah sekitar sebulanan, alhamdulillah asi dan semangat sedikit berlimpah jadi sehari dua kantong (masing-masing 100 ml). Gak banyak kan... tapi alhamdulillah cukup. Sampai saya kerja kira-kira saya sudah dapat 70-80 kantong. 
Kapan pumpingnya? biasanya sih saya pumping tengah malam saat gamila juga bangun tengah malam. Saat dia minum PD kiri saya pompa PD kanan. Kenapa malam hari? ya karena produksi ASI malam hari cukup berlimpah. Selain malam saya biasanya pumping subuh. Udah deh. Nah, kalo siang saya udah rasa capek (atau malas?), jadi gak sempet pumping. 

Pompa ASI apa yang saya gunakan? saya sempat cerita di sini ya..

Menyiapkan ASI untuk diminum gamila saat saya kerja 
Stok ASIP saat gamila umur 2 bulan
Pagi hari, sebelum saya berangkat kerja saya menyiapkan ASI untuk Gamila. Saya siapkan sekitar 500-600 ml perhari yang dituang ke dalam botol-botol. Jumlah ini tentu berubah, terutama saat dia sudah menginjak ke tahap MPASI. Saya mengguanakan botol phillips avent wide neck karena berdasarkan saran teman, dan studi literatur (eaaa) katanya bikin anak ga bingung puting. Emang sih, agak mahal dibanding merk lain. Tapi gapapa lah daripada bayi bingung puting. Kebayang kan betapa patah hatinya pas anak bingung puting. 

Untuk sehari saya menyiapkan separuh ASIP beku dan separuh ASIP segar. Penggunaan ASIP beku ini saya menggunakan metode First in First Out, artinya yang pertama ditaruh ini yang akan digunakan. Jadi, tidak akan ada ASIP yang kadaluarsa. ASIP beku sudah saya cairkan dari pagi hari sebelumnya. Jadi gini nih. Pagi hari senin pagi hari saya keluaran asi dari freezer  dan ini yang akan diminum pada hari selasa. Pas hari selasa, asi beku yang udah ga jadi es batu tinggal dihangatkan. Menghangatkan asi saya menggunakan dengan menggunakan magic com kecil yang disetting di mode hangat (karena saya tidak punya bottle warmer).

Kalo ASIP segar dapat darimana? ASIP segar saya dapat hasil pumping saat di kantor dan pumping malam hari. Jadi, hasil pumpingnya separuh disimpan dan separuh diminum bayi. Untuk Penyimpanan asi, saya gunakan kantong ASI. No ribet nyuci-nyuci dan bisa muat banyak di freezer.

Untuk informasi tentang penyimpanan dan ketahanan asi, saya merujuk informasi di situs haibunda


Jadwal Pumping
Saya kerja 7 to 5. Di jam kerja ini saya pumping dua kali yakni jam 11-an dan jam 3-an. Hasilnya, saya dapat sekitar 400 ml-an di kantor. Jumlah ini tentu saja defisit dengan kebutuhan minum gamila, oleh karena itu saya tambahkan frekuensi pumping di malam hari.
Setelah gamila mpasi, ada perubahan besar pada jadwal perpompaan. Semakin lama jumlah yang diminum gamila semakin sedikit. Saat ini (Gamila 8 bulan), saat saya kerja gamila hanya minum sekitar 300 ml an saja. Pada tahapan ini, saya tetap menggunakan prinsip separuh asip beku dan saparuh asip segar. Kenapa? ya karena gimanapun asip segar tetep yang terbaik untuk anak. Karena kebutuhan dikit, saya mengurangi frekuensi pompa saya. Jadwal malam saya hapuskan, lagipula waktu pumping sekarang sudah dialokasikan untuk food preparation mpasi gamila (nanti diceritain di post yang lain ya..) Kalo boleh jujur, saya gak mampu dan capek kalo tetep harus pompa. Nanti kalo saya capek, saya gak hepi. Kan gawat. Terlebih lagi, di malam hari aktivitas menyusu gamila maish sama kayak dulu dari lahir. 

Oh ya, seiring keburuhan minum gamila yang menurun, produksi ASI ternyata juga turun. sekarang saat pumping di kantor, saya cuma dapat 250-300 ml aja. Hiks. 

Adanya stok ASIP beku ini sangat membantu saya terutama kalau saya malas, saya agak ga enak badan, atau lagi repot banget di kantor (misal ada rapat atau ada target lain yang tidak memungkinkan saya pompa ASI), atau lagi Dinas Luar. Kebayang kan kalo kudu kerjar tangan stok ASInya. Stress stress kan?.

Sebagai informasi, saat sebelum masuk kerja, stik asip beku saya ada sekitar 70 an. Sekarang, tinggal 30-an. Udah dikittt ya... butuh semangat lagi untuk ningkatin stok. 

Sekian berbagi info ini. Moga bermanfaat buat emak-emak pejuang ASI lainnya.


Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati. Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur. Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi