Skip to main content

Seputar Sewa Mainan Anak di Banjarbaru

Sewa stroller pockit ini pas liburan (sewa di @babytheorent)
Buat nyenengin anak, pastinya kita pengen ngasih yang terbaik buat anak. Salah satunya beliin mainan. Mainan ini menurut saya penting banget dibanding beliin baju atau sepatu buat anak, karena saya mikirnya mainan bisa stimulasi perkembangan anak, tapi kalo baju itu cuma memuaskan obsesi ortunya. Ya kan?

Setelah memasuki dunia emak-emak ini, saya baru menyadari ternyata mainan itu harganya ga murah ya. Apalagi kalo milih mainan yang bahannya "ramah" buat anak, yang desainnya pas buat bayi, yang bisa stimulasi motorik dan sensorik, warna menarik dan endesbray endesbray lainnya. Ada beberapa merk mainan bayi yang emang bagus contohnya: PlayGro, Playskool, atau Fisherprice. Duh, mainan keluaran ketiga merk ini emang lucu-lucu, tapi harganya kok serius amat ya..
Sebagai contoh nih, saya beli satu mainan Rattle merk Playgro yang kecil mungil harganya 150 rb. Dan...jeng jeng, Gamila ternyata kurang suka. Akupun sedih, Aku gak bisa diginiin terus. Hahhahah. 

Nah, untuk mengurangi budget yang dikeluarkan untuk beli mainan ini, saya mikir enaknya sewa aja sih. Kalo liat di IG ato milis emak-emak banyak banget tempat persewaan mainan bayi. Tapi sempet mikir, ada gak ya sewa mainan di Banjarbaru yang nota bene gak gede dan gak kecil ini kotanya. Scroll-scroll IG, eh ternyata ada. Yohoooo... langsung deh aku bergerilya. 

Selain hemat di kantong, menurut saya ada manfaat lain dari sewa mainan ini:
1. Gak pusing masalah simpen menyimpan. 
Ya kan.. sebagai pengikut Marie Kondo garis lucu, saya males banget simpen-simpen barang  yang gak "sparks joy". Nah, kalo nyewa mainan ini kan ga perlu banget nyimpen mainan di kolong-kolong yang nantinya akan diselimuti debu.
2. Dapet mainan yang berkualitas
Kalo di tempat rentalan, pasti gak ada barang dari bahan plastik ecek-ecek. Setahu saya, paling gak kalo barangnya dari plastik, pasti minimal BPA free, dan material kuat dibanting-banting.  Jadi, mamak tenang dan tentram gak khawatir yang aneh-aneh.
3. Gak sedih kalo anak gak suka mainannya
Kebayang kan kalo ibuk-ibuk beli jumperoo yang harganya sekitar 2 jutaan trus anaknya gak mau pake. Sebagai Sobat misqueen, aku sih sedih. Jadi, sewa mainan ini juga bisa digunakan untuk nge-test anak suka ga mainannya sebelum mau beneran beli.
4. Lebih Variasi 
Untuk mengatasi kebosanan anak, kalo kita rental bisa banget ganti-ganti mainan. Misal bulan ini sewa pushwalker model A, bulan depan bisa sewa pushwalker yang model B. 


Gamila seneng main di playskool tent ini :) (sewa di @aisbabystuff)

Emang Beneran Hemat? 
Pertanyaan ini banyak yang nanya ke saya. Kalo menurut saya sih, emang hemat kok. Yuk kita coba itung-itungan sederhana. Sebagai contoh kita buat perbandingan sewa dan beli pushwalker merk Fisherprice. Harga barunya adalah 600 ribu rupiah. Harga sewa mainan ini berkisar 50 rb/bulan. Biasanya anak memakai pushwalker ini antara 8-12 bulan. Misalkan kita sewa tiga bulan, biaya yang dikeluarkan adalah 150 rb. Nah, lumayan kan...
Setelah anak bisa jalan, pastinya gak pake pushwalker lagi kan. Jadi lumayan kan selisihnya. 
"Tapi kan bisa dijual?". Ya emang sih, tapi paling bisa dijual 300 an. Tetep untungan sewa kan? Gak pake mikir lagi jual kemana. Hihihii. 


Bersih Ga? 
Beberapa kali saya sewa barang, semua yang saya sewa bersih kok. Kadang kalo gak yakin, saya lap-lapin pakai tisu antiseptik.

Bagaimana Kalo Rusak? 
Sebelum kita sewa, ada perjanjian yang kudu disepakati, diantaranya jika mainan rusak, kita akan mengganti sesuai dengan kerusakan itu atau mengganti yang baru. Tapi yaa emang makenya gimana ampe rusak gitu. anak bayi emang bisa ngebanting stroller atau pushwalker? nggak kan? ya kita kudu ati-ati. Lagipula, biasanya barang-barang sewa cukup berkualitas tinggi aka. gak gampang rusak. 

Di mana sewa mainan di Banjarbaru? 
Di wilayah banjarbaru dan sekitarnya, ada beberapa rental mainan yang sudah saya coba. Ini dia nih alamat IGnya (akan diupdate kalo ada tambahan): 
1. @babytheorent (08115184122)
2. @unababyrental (081256344424)
3. @ asibabystuff (081351446515)


Pushwalker sejuta umat (sewa di @unababyrental)






Mana yang bagus? mmm...kayaknya sama aja. Ada tempat rental yang harganya lebih mahal, tapi lokasinya deket kantor. Ada yang lebih murah tapi lokasinya agak jauh. Jadi yang paling baik tentunya yang paling pas dengan kondisi maing-masing.
Dari ketiga tempat ini, ada beberapa barang yang sudah pernah saya rental yakni jumperoo, stroller pockit, baby play fence, pushwalker, dan play tent. DI post selanjutnya, nanti saya kan review masing-masing mainan ini ya..
Dari beberapa item yang pernah disewa, ada yang gamila suka dan ada yang ternyata gamila gak suka. Lagi-lagi, untungnya saya sewa, jadi gak sedih-sedih amat kalo anak ga suka. Nah, bagi yang punya bayi di banjarbaru dan mau sewa mianan bisa dilihat tuh akun-akun IGnya. Btw, ini bukan endorse ya..tapi mau banget kalo diendorse

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati. Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur. Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi