Skip to main content

Aktivitas Seru untuk Olahraga Otak

Doodling-an saya pas lagi bete kerja 
Kerja. kuliah. nganggur atau apapun itu, pasti kita akan ketemu yang namanya bosen, stuck, mentok, jenuh, dan saudara-saudaranya. Nah jika ketemu kerabat-kerabat dari bosen itu, kerja tak enak, mikir pun susah, apalagi kalo pas lagi PMS. Pasti jadi drama queen, merasa kerjaan kita lebih berat dari pak jokowi yang sekarang lagi banyak dihujat-hujat "rakyat nggak jelas" #eh.

Nah, biar ga terus-terusan stuck jenuhnya, biasanya saya melakukan beberapa aktivitas olahraga otak yang bisa bikin jenuh dadah-dadah cantik. Meskipun istilahnya olahraga, beneran ini bikin seger dan menyenangkan.

Dengerin Musik dan Nyanyi

Saya suka banget dengerin musik, dan nyanyi. Suara saya sih ga ada enak-enaknya. Tapi, ya gpp lah yang penting hati senang walaupun tak punya uang .  Untuk mensiasati suara gak enak ini, headset jadi alat tempur wajub di meja kerja, internet buat dengerin radio online atau streaming youtub, lalu pura-pura lipsing (eh in begimana sih nulisnya). lumayan deh abis itu semangat dan mood biasanya bagus lagi.

Dari segi ilmiah, udah ada bukti kok kalo dengerin musik ini ada manfaatnya. Dari sumber ini, disebutkan bahwa mendengarkan musik dan nyanyi secara ilmiah terbukti bisa menurunkan stress, menurunkan ketegangan dalam tubuh, dan bisa memicu produksi hormon endorphin yang bisa membuat badan kita jadi rileks. Kalo kata syahrini "I feel free...... "

Nulis aka Blogging 

Kerjaan saya sekarang memang banyak nulisnya, tapi bener-bener bosenin. Kalo udah males mikir yang "sain-ti-fik", saya malah melarikan diri dengan membaca postingan curhatan orang, dan ikutan curhat di blog dengan tulisan remeh temeh gak penting. 

Biarpun dibilang curcol, gak penting, ternyata nulis remeh temeh gak penting ini terbukti ada manfaat positifnya. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa menulis perspektif pribadi atau bsahasa kerennya curhat bisa membuat bahagia sang penulisnya. Menulis ini terbukti bisa mengurangi stress penulis, dan lebih bijaksana dalam menyelesaikan masalah. Ehem, bener ga tuh? 

Doodling

pikiran ruwet seruwet rumus algoritma? kalo udah gitu sih biasanya saya ambil pensil dan kertas lalu corat-coret. Nah, kayak gini bisa dibilang doodling. Buat non seniman, doodling golongan ini pasti jauh dari kata berseni dan bagus. Tapi, biarpun begitu, doodling kita ada manfaatnya. 

Hasil penelitian tentang orang-orang yang suka gambar corat-coret aka doodling menunjukkan bahwa yang suka doodling memiliki pikiran yang lebih fokus dan memori yang lebih efektif. 

Tapi, kalo doodlingnya pas rapat yang ngebosenin? sepertinya malah ga fokus :P 

Baca Novel 

Selain buku-buku yang nunjang kerjaan, di meja kerja saya ada novel-novel. kadang ada sih yang bilang baca novel gak penting, bikin suka ngayal. Poin suka ngayal ini, ternyata bener banget. Tapi, ini keunggulan dari baca novel atau fiksi. 

Saat membaca novel, pembaca akan mengalami perubahan pada otaknya, yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan linguistic, kognitif, dan pemahaman teorinya. Membaca sebuah tokoh di novel, membuat sang pembaca akan memposisikan diri pada berabgai situasi, sehingga yang suka baca novel akan memiliki tingakt kedewasaan dan perspektif yang lebih luas. Berat ya bahasanya, banget. Tapi buat yang masih penasaran bisa buka link ini

Nah, itu empat olahraga otak yang sering saya lakukan. Seru, tapi ternyata ada manfaatnya. Meskipun, bisa dibilang hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang sangat positif pada pelaku gak terbukti. Setidaknya nih, udah gak bete lagi. 



Comments

  1. Membaca tulisan tentang baca novel, dan melihat kenyataan bahwa rasanya sudah lama sekali eykeh nggak baca novel, disitu kadang saya merasa sedih.... :-(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d