Skip to main content

Trip ke Goa Baramban Kalsel

Akses ke bibir Goa
Kalimantan Selatan sesungguhnya menyimpan banyak tempat eksotis, dengan bentang alam yang unik dan indah, serta suguhan pemandangan yang masih sangat alami. Sayangnya, potensi yang ada ini tidak dikelola dengan maksimal, dan promosinyaa sangat minim. termasuk salah satunya catatan-catatan perjalanan dari penikmat wisata di kalsel yang minim. 

Akhir tahun kemarin, di kantor ada outing (jiaah, keren amat istilahnya) ke daerah Rantau, yang terletak kurang lebih 2 jam jika ditempuh dengan darat. Kegiatan outing ini meliputi tanam pohon buah dan juga kunjungan ke Goa Baramban. Kenapa goa Baramban? karena, goa ini letaknya dekat dengan wilayah KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus) milik Balai Penelitian Kehutanan Banjarbaru. 

Goa Baramban terletak di kota Rantau, tepatnya di desa Miawa. JIka ingin ke lokasi ini dengan kendaraan umum, rasanya sulit sekali. Jadi, disarankan sekali untuk mengendarai kendaraan pribadi semisal mobil atau motor. Dari jalan utama ke dalam wilayah goa lumayan jauh yakni 40 kurang lebih 1 jam. 

Akses ke lokasi ini terbilang sangat mudah, jika sudah berada di desa Miawa ini, tinggal cari rumah pak kadesnya, Lalu, tinggal ikuti jalan setapak yanga da di rumah pak kadesnya. Nah, dari situ jarak tempuhnya kira-kira hanya 300 meter saja. Mencapai bibir goa sebaiknya berjalan kaki saja. Selain cukup dekat, anda bisa menikmati pemandangan khas daerah karst berupa batu-batu dan hamparan kebun karet di sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang ada, terdapat tiga goa di komplek goa ini yakni goa air, goa kelelawar, dan goa atas,
Pada perjalanan kali ini, hanya dua goa saja yang saya datangi yakni goa air dan goa kelelawar.  


Goa Air 
Untuk mencapai goa air, anda melewati sebentar kebun bambu. Lalu dari situ sudah dekat dengan mulut goa. Mulut goa air srelatif besar. Karen asaya datang pada saat musim hujan, goa ini tertutup oleh air di bagian dasarnya. Terbayang oleh saya pemandangan seperti Goa pindul di jogja. Mungkin jika dikembangkan dengan baik dan pemetaan goa sudah lengkap disana bisa eksplorasi bagian dalam goa dengan menggunakan ban karet dengan pengunjung duduk di atasnya.

Ayo siapa yang tertantang?

Bibir Goa Air

Pemandangan lazim di sekitar goa 


Goa Kelelawar
Bibir Goa Kelelawar 
Goa kelelawar ini letaknya tidak jau dari goa air, hanya letaknya lebih atas. di bandingkan goa air, bibir goa lebih kecil dan lebih frinedly untuk pengunjung mausk ke dalam goa. Oh ya, jangan lupa membawa alat penerang saat masuk ke dalam goa. Saya sempat masuk kurang lebih 30 meter ke dalam, dan melihat dinding-dinding goa yang sayangnya sudah banyak dicoret-coret oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Semakin masuk ke dalam, aroma guano atau kotoran kelelawar semkain tercium. Dan, balik deh saya :)

Ada satu lagi yang belum dieksplor, yakni goa atas yang katanya lebih mempesona dan lebih besar ruang goanya. 


rencananya, goa ini akan dibuka secara resmi untuk wisata dan dikelola dengan lebih baik. Hal ini terlihat dari pembangunan sarana wisata seperti shelter, camping ground, dan loket di bagian depan. 

Nah buat anda yang gemar caving, tak ada salahnya kunjungi goa-goa ini, sukur-sukur mau memetakan isi goa. Pasti jadi sumbangsih besar.

Oleh-oleh kegiatan. 
                                                         

Comments

Popular posts from this blog

Kutu Babi : Litlle Monster di Hutan

Bagi yang suka beraktivitas masuk keluar hutan Kutu Babi pasti bukan merupakan hal yang asing lagi. Kutu babi merupakan jenis serangga yang ukurannya kecil. Untuk dapat melihatnya perlu kaca pembesar. Ukurannya yang kecil tersebut menyebabkan leluasa bergerilaya di tubuh mangsa (baca : manusia). Tak ayal lagi, kelihaian menyusup ini menyebabkan serangan kutu babi tak terhindarkan. Kutu Babi senang sekali menyerang daerah yang tersembunyi, terutama daerah lipitan baju, lipatan kulit, dan daerah yang lembab. Kutu babi biasanya ditemui di hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah.

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh serangga kecil ini luar biasa. Lagi-lagi ukurannya yang mini membuat makhluk ini bisa masuk ke dalam pori-pori. Satu lagi yang masih membuat saya penasaran adalah daya tahan kutu ini terhadap berbagai jenis obat penghilang gatal. Secara ilmiah artikel yang membahas tentang kutu babi ini belum saya temukan. Tetapi ada gambar yang memberikan gambaran betapa kecilnya kutu babi.

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati.
Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur.

Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi setelah…

Mati Suri Transportasi Umum Banjarbaru

Beberapa minggu lalu, di jakarta ibu kota tercinta indonesia ini lagi-lagi ribut (Lagi!!). Kali ini ributnya tentang taksi konvensional ama taksi online aka uber/grab. Sementara di jakarta pemerintah dan media seindonesia raya ngeributin gimana ngatur lalu lintas jakarta, pakai ojek online lah, taksi online lah, busway, apetebe, kereta cepat, em er te ato ribut metromini, kita kita cuma ngamati sambil mulai dilupakan. 
Kondisi transportasi di jakarta ini saking banyaknya ampe ribut. Beda banget ama transportasi umum, di Banjarbaru, suatu kota kecil di Kalimantan Selatan yang letaknya sebelah ama ibukota provinsi, Banjarmasin. Ini ya, saya sebutin transportasi yang ada di Banjarbaru. 
Taxi. memang sih taxi nya warna biru mirip taksi burung biru. Tapi, Jangan samakan taxi ini sama dengan taxi ekspress ato blubird di Pulau Jawa. Beda sekali pemirsa. Taxi ini cuma mangkal di Bandara dan tarifnya sungguh jahanam. Tarif taxi ini, dari Bandara ke kontrakan saya yang cuma 10 menit dari bandar…