Skip to main content

Trip ke Goa Baramban Kalsel

Akses ke bibir Goa
Kalimantan Selatan sesungguhnya menyimpan banyak tempat eksotis, dengan bentang alam yang unik dan indah, serta suguhan pemandangan yang masih sangat alami. Sayangnya, potensi yang ada ini tidak dikelola dengan maksimal, dan promosinyaa sangat minim. termasuk salah satunya catatan-catatan perjalanan dari penikmat wisata di kalsel yang minim. 

Akhir tahun kemarin, di kantor ada outing (jiaah, keren amat istilahnya) ke daerah Rantau, yang terletak kurang lebih 2 jam jika ditempuh dengan darat. Kegiatan outing ini meliputi tanam pohon buah dan juga kunjungan ke Goa Baramban. Kenapa goa Baramban? karena, goa ini letaknya dekat dengan wilayah KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus) milik Balai Penelitian Kehutanan Banjarbaru. 

Goa Baramban terletak di kota Rantau, tepatnya di desa Miawa. JIka ingin ke lokasi ini dengan kendaraan umum, rasanya sulit sekali. Jadi, disarankan sekali untuk mengendarai kendaraan pribadi semisal mobil atau motor. Dari jalan utama ke dalam wilayah goa lumayan jauh yakni 40 kurang lebih 1 jam. 

Akses ke lokasi ini terbilang sangat mudah, jika sudah berada di desa Miawa ini, tinggal cari rumah pak kadesnya, Lalu, tinggal ikuti jalan setapak yanga da di rumah pak kadesnya. Nah, dari situ jarak tempuhnya kira-kira hanya 300 meter saja. Mencapai bibir goa sebaiknya berjalan kaki saja. Selain cukup dekat, anda bisa menikmati pemandangan khas daerah karst berupa batu-batu dan hamparan kebun karet di sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang ada, terdapat tiga goa di komplek goa ini yakni goa air, goa kelelawar, dan goa atas,
Pada perjalanan kali ini, hanya dua goa saja yang saya datangi yakni goa air dan goa kelelawar.  


Goa Air 
Untuk mencapai goa air, anda melewati sebentar kebun bambu. Lalu dari situ sudah dekat dengan mulut goa. Mulut goa air srelatif besar. Karen asaya datang pada saat musim hujan, goa ini tertutup oleh air di bagian dasarnya. Terbayang oleh saya pemandangan seperti Goa pindul di jogja. Mungkin jika dikembangkan dengan baik dan pemetaan goa sudah lengkap disana bisa eksplorasi bagian dalam goa dengan menggunakan ban karet dengan pengunjung duduk di atasnya.

Ayo siapa yang tertantang?

Bibir Goa Air

Pemandangan lazim di sekitar goa 


Goa Kelelawar
Bibir Goa Kelelawar 
Goa kelelawar ini letaknya tidak jau dari goa air, hanya letaknya lebih atas. di bandingkan goa air, bibir goa lebih kecil dan lebih frinedly untuk pengunjung mausk ke dalam goa. Oh ya, jangan lupa membawa alat penerang saat masuk ke dalam goa. Saya sempat masuk kurang lebih 30 meter ke dalam, dan melihat dinding-dinding goa yang sayangnya sudah banyak dicoret-coret oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Semakin masuk ke dalam, aroma guano atau kotoran kelelawar semkain tercium. Dan, balik deh saya :)

Ada satu lagi yang belum dieksplor, yakni goa atas yang katanya lebih mempesona dan lebih besar ruang goanya. 


rencananya, goa ini akan dibuka secara resmi untuk wisata dan dikelola dengan lebih baik. Hal ini terlihat dari pembangunan sarana wisata seperti shelter, camping ground, dan loket di bagian depan. 

Nah buat anda yang gemar caving, tak ada salahnya kunjungi goa-goa ini, sukur-sukur mau memetakan isi goa. Pasti jadi sumbangsih besar.

Oleh-oleh kegiatan. 
                                                         

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d