Skip to main content

PMS : Kala Hidup Menjadi Lebih Drama

Scene 1
Istri nelpon-nelpon suami tapi gak diangkat. Pas diangkat, 
Istri      : Kemana aja sih, ga diangkat. Sengaja banget
Suami  : Maaf, tadi hape ladi di-charge, jadi ga dibawa
Istri      : Selalu kayak gitu
Suami  : Maaf
Istri      : Kamu gak pernah perhatian sama aku 
Suami  : #nutuptelpon#
Istri      : Kok dimatiin, jahat banget. gak perhatian. #Lalu mewek 

Scene 2
Cerita tentang dua orang teman 
A  : Eh besok bisa nemenin aku ga?
B  : Bisa...Eh, tapi....
A  : Tapi kenapa?
B  : Aku ada janji ama C
A  : Oke. (sambil membatin, memang gak ada yang perhatian. Kunyah sandal)

Scene 3 
Istri      : Maaf ya, ngomel terus dari kemarin. Lagi PMS
Suami  : Haaa, kok bisa
Istri      : Ya, kan siklus bulanan
Suami  : Ketularan siapa?
Istri      : Ketularan? apaan? PMS?
Suami  : iya. Penyakit menular seksual kan?
Istri      : (Gigit kompor) 

Scene-scene di atas, lebay gak sih? drama banget kan? tapi jujur aja, scene 1 sering banget saya alami pas saya PMS, dan scene 3 terjadi nyata beberapa bulan yang lalu di kehidupan rumah tangaa saya #tsaaah. 

Lebay? banget. Tapi itulah kenyataanya. Dan kejadian-kejadian seperti itu biasanya terjadi beberapa hari menjelang menstruasi atau populernya disebut PMS (Pre Menstuasi Syndrom). PMS ini gak sesimpel hurufnya yang cuma tiga huruf. 

Nah, postingan ini juga buat pencerahan, siapa tahu ada bapak-bapak, mas-mas yang mampir di blog ini dan baca. Diharapkan juga ini mengakhiri misteri cewek kenapa mendadak tingakt ngomel, murung, dan makannya jadi banyak banget. 

Yup, kita mulai. Oh ya, tulisan ini saya sadur dari sini
PMS ada beberapa kategori, yakni PMS kategori A,H,C, dan D. seorang wanita bisa mengalami PMS jenis A,H,C atau D. Atau bahkan komplikasi dari keempat jenis itu. 

PMS jenis A (anxiety) ditandai dengan gejala seperti rasa cemas, sensitif, saraf tegang, perasaan tidak stabil. Bahkan beberapa wanita mengalami depresi(tekanan) ringan hingga sedang saat sebelum mendapat haid. Gejala ini timbul akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron: hormon estrogen terlalu tinggi dibandingkan dengan hormon progesteron. 

PMS jenis H (hyperhydration) memiliki gejala edema(pembengkakan), perut kembung, nyeri pada buah dada, pembengkakan tangan dan kaki, peningkatan berat badan sebelum haid. Gejala jenis ini dapat juga dirasakan bersamaan dengan jenis PMS lain. Pembengkakan itu terjadi akibat berkumpulnya air pada jaringan di luar sel (ekstrasel) kerana tingginya pengambilan garam atau gula pada diet penderita. 

PMS jenis C (craving) ditandai dengan rasa lapar ingin mengambil makanan yang manis-manis (biasanya coklat) dan karbohidrat sederhana (biasanya gula). Pada umumnya sekitar 20 minit setelah mengambil gula dalam jumlah banyak, timbul gejala hipoglikemia seperti keletihan, jantung berdebar, pening kepala yang kadang-kadang sampai pengsan. 

PMS jenis D(depression) ditandai dengan gejala rasa depresi, ingin menangis, lemah, gangguan tidur, pelupa, bingung, sukar dalam mengucapkan kata-kata (verbalisasi), bahkan kadang-kadang muncul rasa ingin bunuh diri atau mencuba bunuh diri. Biasanya PMS jenis D berlangsung bersamaan dengan PMS jenis A, hanya sekitar 3% dari seluruh jenis PMS benar-benar murni jenis D.

PMS jenis D murni disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon progesteron dan estrogen, di mana hormon progesteron dalam kitaran haid terlalu tinggi dibandingkan dengan hormon estrogennya. Kombinasi PMS jenis D dan jenis A dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu stress, kekurangan asam amino tyrosine, penyerapan dan penyimpanan timbal di tubuh, atau kekurangan magnesium dan vitamin B (terutama B6). 

Kalo saya sendiri, saya pengidap PMS jenis D. Saking parahnya saya bisa gak tidur dua hari, stress mikirin hal-hal remeh gak penting, dan pernah nangis semalaman. Lebay? iya. Tapi ini nyata. 

Dulu saya sering mengalami juga pegal-pegal, tapi dengan olahraga teratur gejala PMS semacam pegal dan kram perut berangsur berkurang. 

Wanita lebay? positif aja. Mungkin lagi PMS :)))

Nah, gimana dengan kamu? jenis PMS apa yang sering kamu rasakan? 



Comments

  1. Koq gw kagak masuk kategory mana2 ya safi? Gw PMS tapi lebih ke Post menstruation syndrome. Bete marah2 dan mudah kesel nya kalau udah mau atau udah beres mens... Aneh yak? Cariin artikel nya lah safi... hehehehe :-)

    ReplyDelete
  2. mbak wilis ; aduh bingung jawabnya, ato itu bawaan diri ? hihihihihi

    ReplyDelete
  3. HWekekekeke.... Iya kali. Bawaan diri... Disitu kadang saya merasa sedih :-p

    ReplyDelete
  4. klo craving tp ga yg manis2 itu apa? pms itu reportnya kalo dah berjamaah...kkkk

    ReplyDelete
  5. Barusan posting soal drama pms juga, kirain cuma saya yang ngalamin ke-lebay-an kayak gini ternyata ada juga yang ngalamin :))
    Hallo, salam kenaal yaa :D

    ReplyDelete
  6. Barusan posting soal drama pms juga, kirain cuma saya yang ngalamin ke-lebay-an kayak gini ternyata ada juga yang ngalamin :))
    Hallo, salam kenaal yaa :D

    ReplyDelete
  7. Sapii... gue A ma C sering bgt tuh pas PMS. Gak cuma coklat aampe teh pun jadi lbih manis karena tkut diabet gula gue ganti jadi madu. Walhasil pas PMS stok madu jadi berkurang drastis (hiks mahal).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin

Di blogpost kali ini, saya ingin cerita pengalaman saya cek HSG di RSUD Ulin Banjarmasin. Sharing tentang kegiatan TTC saya memang saya hindari selama ini. Tapi melihat informasi di internet yang minim tentang hal-hal berkaitan dengan usaha-usaha TTC di wilayah Kalimantan Selatan, saya jadi berubah pikiran. Saya akhirnya berfikir, siapa tahu artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi banyak orang yang juga sedang berusaha untuk berusaha punya anak kayak saya. Biar saling menyemangati. Setelah hampir tiga tahun tak kunjung hamil, sudah cek ke dokter spesialis kesuburan dan dibilang normal, saya inisiatif sendiri untuk melakuakn cek HSG. Oh ya, cek HSG ini fungsinya untuk melihat apa ada penyumbatan di saluran indung telur. Di wilayah Banjarmasin,ada tiga rumah sakit yang melayani HSG. Pertama, RSUD ulin yang merupakan rumah sakit pemerintah. Kedua adalah RS sari mulia, Dan yang ketiga lupa hehheeh. Awalnya sih mikir mau ke RS Sari Mulia karena pasti pelayanannya baik, tapi