Skip to main content

Menyiasati Harga Buku (Fiksi) yang semakin Melangit

Buku sekarang mahal. Pikir-pikir deh kalo mau beli buku. Dulu dengan uang seratus ribu bisa beberapa buku, eh sekarang satu buku aja gak dapet.

Pernah gak denger ada orang yang bilang gitu? Hmm, banyak banget. Terutama dari circle saya yang geek in a book, tepatnya novel . ini dia sharing dari saya, gimana caranya bisa dapet buku yang murah.

Buku Bekas  

Cari buku bekas yang bagus, di jaman instagram yang kekinian sekarang ini, gampang cari buku bekas yang bagus. Pengalaman saya, novel-novel bahasa Indonesia di pasaran buku bekas via instagram harganya 30 ribu hingga 50 rb. Untuk buku impor, harga yan dipatok biasanya adalah 50 ribu hingga 100 ribu. Gimana cari buku bekas di instagram? Gampang aja. Tinggal telusur menggunakan hastag #bukubekas #bukubekasmurah #secondhandbook dan sejenisnya. Gampang kan? 

So far, ada beberapa akun yang saya follow yan suka jual buku bekas berkualitas, salah satunya akun IG @booklovers_indonesia yang jual buku-buku impor dar London dengan harga 30-100 ribu. Pilihannya buanyaaaakkk ampe pusing. Akun selanjutnya yang jadi langganan saya adalah @khiknot. Pemilik akunnya ini gilak buku dan beli buku gak pake mikir. Mungkin dia bersin duit kali. Si empunya akun ini sering bersih-bersih gudang dan jual buku koleksinya. Beberapa kali saya beli buku di situ, kualitas bukunya bagus dan biasanya dikasih bonusan buku atau bookmark.

Tapi, bagi saya permasalahan tidak berhenti sampai di sini saja. Masalah selanjutnya adalah ongkos kirim yang mahal. Umumnya, yang punya lapak buku bekas bagus ada di daerah jabodetabek. Nah, ongkir dari Jabodetabek ke lokasi tempat tinggal saya (Banjarbaru-Kalimantan Selatan) lumayan mahal. Biaya pengirimannya sekilo adalah 30 hingga 45 ribu. Misalnya saja, satu buku adalah 0.5 – 1 kilogram, lumayan banget itungan ongkir ini. Jatohnya, sama kayak beli baru deh. Jadi untuk yang berburu buku bekas, perhatikan juga lokasi asal pengirimannya yak.

Beli ebook aja?

Perkenalan saya dengan beli membeli ebook dimulai saat saya punya (dikasih) kindlefire sekitar tahun 2012. Dari kindle itu, saya beli ebook yang ada di amazon store. Namun, ada  kesulitan saat beli membeli buku di amazon ini.  Karena tidak ada amazon di Indonesia, kita kudu utak atik akun kita. Pada kasus saya, saya pake alamat palsu di amerika sono yang saya dapatkan via internet biar bisa buka akunnya. Tapi ternyata lama-lama tercium juga, dan akhirnya akun amazon saya jadi susah diakses.

Sekarang, setelah si kindle berfungsi sebagai tempat maen game, nonton, dan baca-baca, saya beralih ke playbook. Playbook ini merupakan aplikasi dari google buat baca ebook.

Dibanding dengan akun amazon, bikin playbook lebih gampang. Cukup login dengan akun gmail kita. Abis itu, gampang deh tinggal ke playstore dan tinggal unduh dan beli buku yang kita inginkan. Untuk beli buku, kita harus punya akun kartu kredit.

Harga buku di playstore, pastinya lebih murah. Murahnya buku ini karena, tak ada keuntungan yang dibagikan ke toko buku. Denger-denger sih, di dunia jual beli buku di Indonesia, harga satu buku itu 40% nya jadi keuntungan toko buku, sisanya untuk publisher dan penulisnya. Oleh karena itu, harga buku bisa dipangkas hampir setengahnya kalo beli ebook.

enaknya baca ebook, gak ngerti tinggal pencet. 
Gimana cara biar bisa dapet murah? Sering-sering buka playstore. Seringkali playstore kasih diskon. Misalnya pas liburan akhir tahun kemarin, ada diskon 50% untuk beberapa item buku. Bisa juga kita masukkan kata kunci buku yang kta inginkan, misal dengan input nama penulis atau judul buku yang kita inginkan. Sebagai contoh lagi, saya kemarin cari buku “Asian Rich Man”. Tinggal masukin kata kuncinya. Ada yang jual buku dengan harga mendekati 200 ribu lalu ada yang jual 15 rb, dengan cover yang berbeda. Tinggal pilih dan bayar. Kalo saya? Ya pilih yang murah lah.

Memang sih, saya belum lama baca-baca buku online via ebook. Tapi, so far so good. Ya..biar itu smartphone bukan cuman buat buka sosmed, tapi baca buku. Hehhehhe (ketahuan sering buka sosmed).

Oh ya ada keuntungan kalo baca buku ebook, terutama untuk baca buku bahasa inggris. Misal ada kata yang ga mudeng, tinggal pencet aja, keluar deh artinya. Sedikit tips juga, gunakan night mode biar mata gak jereng.



Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d