Skip to main content

Ndeso !!!

Hari ini lagi banyak berita tentang anak Pak Jokowi yang dipolisikan gara-gara bilang "Ndeso" di Vlognya. Saya? ga mau ah bahas itu.. Mau bahas perjalanan saya kemarin ke desa paklik suami yang bikin saya terkenang selalu.

Jadi, Pringgo punya pak lik dari bapak yang tinggal di Purworejo. Sebelum Ramadhan, kami mau jalan-jalan ke jogja. Nah, sebelum ke jogja mampir ke sini deh.

Kenapa saya terkesan banget. Karena tempatnya ini ndesoooo banget. Rumahnya masih rumah limasan, dapur biarpun ada kompor gas, tapi tetep kayu bakar yang dipakai. Trus, samping rumah ada sapi, bebek, ayam. Kelapa manjat sendiri depan rumah. Air kudu nimba (eh ada pompa listrik juga sih). Di rumah pak lik, banyak sayur dan komoditi palawija yang dipanen dari kebun sendiri. Kampungnya adeeem banget, biarpun terletak ga jauh dari pantai.

Dibalik serunya ini desa, ada cerita kurang bagus. Penduduk desa yang usianya produktif di sini ternyata pada jadi TKI. Alhasil, kampong ini penuh dengan lansia yang masih bekerja dan sepi pemuda. :( . Mungkin dirasa, dari segi pertanian aja gak cukup buat Menuhin kebutuhan sehari-hari.

Duh sedih kan, kalo gini lama-lama sawah abis.

Pantai Jetis, cuma 10 menit dari rumah

Adem dan sehat

Tempat Sapi dan bebek. Eh ayam juga ada

Rumah pak lik yang sudah di renov, tapi bagian dalamnya masih pake kayu gede-gede jaman buyutnya katanya..

Jalan Kampung

Modern perlu, tapi sesekali jadi konvensional gak ada salahnya





Comments

Popular posts from this blog

Kutu Babi : Litlle Monster di Hutan

Bagi yang suka beraktivitas masuk keluar hutan Kutu Babi pasti bukan merupakan hal yang asing lagi. Kutu babi merupakan jenis serangga yang ukurannya kecil. Untuk dapat melihatnya perlu kaca pembesar. Ukurannya yang kecil tersebut menyebabkan leluasa bergerilaya di tubuh mangsa (baca : manusia). Tak ayal lagi, kelihaian menyusup ini menyebabkan serangan kutu babi tak terhindarkan. Kutu Babi senang sekali menyerang daerah yang tersembunyi, terutama daerah lipitan baju, lipatan kulit, dan daerah yang lembab. Kutu babi biasanya ditemui di hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah.

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh serangga kecil ini luar biasa. Lagi-lagi ukurannya yang mini membuat makhluk ini bisa masuk ke dalam pori-pori. Satu lagi yang masih membuat saya penasaran adalah daya tahan kutu ini terhadap berbagai jenis obat penghilang gatal. Secara ilmiah artikel yang membahas tentang kutu babi ini belum saya temukan. Tetapi ada gambar yang memberikan gambaran betapa kecilnya kutu babi.

Goa Widodaren, Pesona Mistis Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

(Pemandangan dari Goa Widodaren)

Saat menyebutkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pastilah yang terpikir di benak kita semua adalah matahari terbit (sunrise) dan kaldera tengger. Padahal, jika kita melihat lebih cermat masih banyak sekali objek yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Goa Widodaren.

Goa Widodaren terletak di dekat kawah Bromo.Kita bisa berjalan kaki kurang lebih 45 menit untuk mencapai Goa. Kondisi medan yang menanjak membuat perjalanan menuju goa ini menjadi menantang dan berkesan. Untuk pemula tanjakan menuju goa widodaren ini cukup melelahkan. Tapi semuanya terbayar dengan pemandangan yang tampak dari punggung bukit menuju Goa Widodaren ini. Sebenarnya objek ini lebih merupakan ceruk daripada goa. Tetapi oleh masyarakat sekitar lazim disebut dengan Goa Widodaren. Di Goa ini terdapat sumber mata air yang keluar dari dinding tebing dekat Goa Widodaren.

Goa widodaren merupakan lokasi pemujaan masyarakat Hindu Tengger di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Sem…

Mati Suri Transportasi Umum Banjarbaru

Beberapa minggu lalu, di jakarta ibu kota tercinta indonesia ini lagi-lagi ribut (Lagi!!). Kali ini ributnya tentang taksi konvensional ama taksi online aka uber/grab. Sementara di jakarta pemerintah dan media seindonesia raya ngeributin gimana ngatur lalu lintas jakarta, pakai ojek online lah, taksi online lah, busway, apetebe, kereta cepat, em er te ato ribut metromini, kita kita cuma ngamati sambil mulai dilupakan. 
Kondisi transportasi di jakarta ini saking banyaknya ampe ribut. Beda banget ama transportasi umum, di Banjarbaru, suatu kota kecil di Kalimantan Selatan yang letaknya sebelah ama ibukota provinsi, Banjarmasin. Ini ya, saya sebutin transportasi yang ada di Banjarbaru. 
Taxi. memang sih taxi nya warna biru mirip taksi burung biru. Tapi, Jangan samakan taxi ini sama dengan taxi ekspress ato blubird di Pulau Jawa. Beda sekali pemirsa. Taxi ini cuma mangkal di Bandara dan tarifnya sungguh jahanam. Tarif taxi ini, dari Bandara ke kontrakan saya yang cuma 10 menit dari bandar…