Skip to main content

(Inginnya) Mundur Teratur dari Media Sosial

Dah Facebook...

Saya rasanya jengah sekali menggunakan Facebook pada saat pemilihan umum 2014 lalu. Facebook mendadak isinya kampanye. Kubu A ini menjelek-jelakkan kubu B dan sebaliknya. Lebih parah lagi, teman-teman banyak yang ikutan, mungkin sebagai upaya mendukung calonnya. Tapi...kadang kebangetan banget. Banyak sekali teman yang share berita yang belum jelas kebanarannya. Setiap saat setiap waktu posting politik. Bukan malah tertarik politik, tapi eneg. Suatu waktu saya juga liha liputan cyber army masing-masing kubu politik yang katanya ratusan ribu akun dan melibatkan banyak sekali orang. Ah, saya jadi mikir..mungkin yang rajin posting tentang kandidat idolanya memang lagi cari duit untuk menyambung hidup atau sekedar jajan. 

Sepertinya perasaan sama mungkin dirasakan banyak teman saya. Banyak yang malas menggunakan facebook. Tidak ada lagi update dari teman-teman, tapi Facebook isinya jadi politik. Saya mulai unfollow beberapa teman yang penggila politik. Tapi ternyata tidak membantu, facebook gak menarik lagi, hanya beberapa teman yang narsis banget yang eksis. 

Perasaan semakin malas bertambah saat pilkada DKI. Haloooo.. saya aja tinggal di luar pulau kena dampaknya. Ini pilkada DIKI rasa pilpres, semua bikin isu-isi aneh, terutama isu SARA. Saya susah bedain ini fakta atau hasutan. Hasilnya, saya uninstall facebook. Bukan berarti saya gak buka facebook. Saya sesekali buka facebook dari browser dan sesekali menimpali update personal life teman yang upate di facebook. 

Instagram? 

Semenjak mundur teratur dari Facebook, saya keranjingan banget cek Instagram. Gak cuma lihat, saya juga banci posting. Lagi ini lagi itu, baik yang penting dan gak penting (emang ada gitu yang penting?). Lalu dikit-dikit refresh IG. Saya mulai suka follow Selebgram dan Beauty Blogger. Rasanya gara-gara itu deh saya suka impulsive buying berbagai produk skin care yang dipake si beauty blogger ini dan itu. Yang murah hingga yang hampir jutaan dengan harapan punya muka mulus sperti mereka. Lalu pengen juga ih jadi stylish kayak mereka. 

Entah kenapa saya lama-lama jadi gak pede, muka ga mulus, style biasa-biasa aja. Lalu, lama-kelamaan saya sadar. Toh foto yang mereka upload di IG itu gak sekali jepret, ambil foto muka glowing juga ada teknik pencahayaan yang benar, lensa yang bening, dan berbagai angle. Saya akhirnya mikir, muka saya pas-pasan ini seinget saya kalo teman yang pintar moto dan pakai lensa kamera oke juga akan keren ala-ala selebgram itu. Saya juga sadar, yaah..mereka posting paling prima kayak gitu emang itu jadi mata pencaharian mereka. Oh ya, selain postingan selebgram, saya juga terinfeksi banget dengan postingan interior rumah. Idealnya kan kayak gitu, tapi ah kan realitanya butuh duit banyak banget buat bikin rumah instagramable. Lagian itu yang difoto bagian yang gak berantakan. Hahhahahh. 

Sering lihat IG juga membuat benchmark saya tinggi banget. Kadang jadi lupa bersukur. Lihat teman yang posting liburan..jadi suka mbatin kok aku gak liburan-liburan yaa. Ketahuan yaa hatiku dipenuhi iri dengki hahhahahha. Gak juga ah, normal kan kayak gitu kalo sesekali terbesit. Masa sih ada yang gak? 

Keep my life private 

Suatu waktu, saya lagi posting saya lagi beraktivitas apa di sosmed. Tiba-tiba ada seseorang yang komen "wah enak banget yaa.....kapan aku bisa gini". Lalu saya post juga lagi makan ini, dan dibales wah mahal banget. Gak sekali dua kali, tapi setiap saya posting dia komen. Kejadian ini menjadi sebuah titik balik saya dan semakin menahan saya untuk post update-update saya termasuk makan dimana, lagi apa dan apa.

Dari posting-posting itu, saya sadar. Ada orang-orang yang mengaggap apa yang kita lakukan sebagai sesuatu yang luar biasa. Tentu saja, saya merasa gak enak dong. Terlebih lagi kalo kepikiran, misal uang yang saya keluarkan untuk makan suatu menu ternyata bisa jadi uang belanja orang tersebut beberapa kali. Lalu kepikiran, malah pamer tapi gak bantu.

Gara-gara itu, semakin kesini semakin ngerasa ga penting postingan update lagi ini dan itu. Misalkan aja...lagi jalan-jalan ke sini, lagi makan di restoran ini. Kalau mau posting suka kepikiran, terus? efeknya buat orang lain apa kok pamer-pamer. Mau makan mah dirasain di mulut, kok malah difoto. Gak ada faedahnya!. Pikiran kayak gini terus muter-muter pas mau posting. Kadang pas udah posting saya delete karena ngerasa ga ada faedahnya untuk orang. Tapi sejujurnya saya suka banget lihat postingan teman-teman makan ini dan itu, kadang jadi inspirasi menu makan. Cuma, kalo saya yang posting, kayaknya saya selalu mikir, saya gak sepenting itu. Hahhahaha. Apa nih. Low self esteem ya? 


Tapi gak bisa stop twitter...

karena bisa ngomel. Duh! ini PR banget buat ngurangin berkeluh kesah. 




Comments

  1. Bwakakakakkakaa.... Ini gw banget bulan-bulan lalu. Mirip hampir persis. Banyak mudharotnya. Bikin jurang lebar juga untuk komunikasi dengan beberapa teman. Akhirnya bulan2 lalu nyoba nggak Fb nggak IG (udah tahunan nggak twitter). Tinggal WA story aja masih belum bisa off. kekekekekee. Personally speaking, my life become more useful gitu deh.... More real... Hahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kali ya pke WA Story, sebentar ilang. hahhahha. sombong dikit menenangkan jiwa hahahha

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d