Skip to main content

Ramadhan, Alhamdulillah...

Alhamdulillah, Ramadhan..
 
Boleh dibilang tahun ini adalah waktu dimana level iman saya terjun bebas ke level rendah. Hiks, padahal berjuta-juta rahmat dan berkah. Bismillah, ramadhan ini bisa jadi waktu untuk memperbaiki diri. Amiin..
 
Bicara ramadhan, banyak sekali kenangan yang terkenang-kenang dan bikin senyum-senyum. Memang sih, gak ada cerita di hidup saya, sahur di bangunin ibu, makan makanan enak bareng-bareng terus kayak di tipi2. Tapi, well, every people have their own story kan :). And I am happy with that. Oh ya,  karena hidup saya pindah-pindah terus, jad ceritanya berdasar kota .
 
Surabaya
 
Saya cukup lama tinggal di Surabaya salah satunya pas SMP. Ramadhan pas saat saya SMP. Jarak dari rumah budhe saya dan sekolah saya, kurang lebih 1 km. Sebenernya ada angkot yang bisa dinaikin, tapi apa daya uang saku terbatas. Walhasil, tiap hari saya kudu jalan dari rumah ke sekolah. Sekolah selesai pukul 12.15, pas matahri setinggi-tingginya. Pada hari itu rasanya panas sekali, begitu sampai rumah saya celingak-celinguk. Tak ada orang, lalu saya minum cuma seteguk karena rasa bersalah. Padahal kalo minumnya banyak kayaknya dosanya sama aja ya..hohohoho. Setelah itu, saya pura-pura puasa lag agar gak dimarahin budhe. Dan rasa bersalahnya, terkenang sampai sekarang ..hehhehhe..
 
Manado dan sekitarnya
 
Lalu, puasa berkesan lainnya adalah puasa di Batu Putih, Bitung, Sumatra utara. Hmm, jadi satu-satunya orang muslim di sana rasanya agak-agak gimana gitu. Sampai-sampai anak kecil di sana manggi saya "mbak orang islam"... Saya harus berterima kasih sama sahabat sehati saya Jojo yang selelu menemani saya saat duka dan duka terutama saat puasa. Bukannya jadi tambah baik, kayaknya puasa, saya jadi lebih galak. Maap ya jooo ..(peluk jojo).
 
Satu cerita yang berkesan banget. Saat saya dan jojo jalan-jalan ke Waruga, Airmadidi.  Pas puasa, dan panas banget. Lalu saya menyaksikan jojo dengan segaranya minum es yang beli di ibu-ibu pedagang kaki lima. Sebenarnya saya oke-oke saja, tapi ada sebagian diri saya bilang "glek..pengen",,,hahhahha.. itu perasaan saya sebenaranya saat itu. (jojo diomongin bersin-bersin gak yaa..)
 
Pontianak
 
Puasa di Pontianak ini lucu banget. Kantor kami, menerapkan kebijakan istirahat siang yang lamaaa...hamper dua jam. Buat penduduk local, ini asyik banget. Bisa jemput anak atau masak. Nah buat bujang-bujang, yang kami lakukan adalah ke musholla, matiin lampu mosholla dan tidur sambil ngadem, secara panasnya Pontianak gak tanggung-tanggung.
 
Yang paling diinget puasa di pontinak adalah sahurnya. Saya jarang sahur. kompleks lah kondisinya. Saat itu, kosan saya adalah mungkin kosan non-kayu termurah di Pontianak kota. Tapi pemiliknya pelit bukan ampun. Tak ada dapur dan tak boleh pakai alat elektronik apapun selain kipas angin. Setiap jam, si empunya kos selalu ngamatin perputaran arus listrik dan saya biasanya yang diteriakin karena ketahuan menggunakan heater untuk bikin kopi atau the. Lalu dengan jengkelnya saya bales "cuma segelas pak".
 
Karena kondisi seperti itu, saya gak bisa masak. Salah satu harapan saya adalah beli di warung depan kosan. Tapi ternyata, hari pertama sahur, itu warung isinya mas-mas, om-om, kakek-kakek semua. Hampir semuanya perantau, dan saya jadi perantau perempuan satu-satunya yang beli makan di warung itu. laksana perawan di sarang penyamun. hahhahha
 
Hari berikutnya, saya gak mau ke warung itu lagi. Isin. Lalu, tiap hari saya gak sahur. Kalo mentok, saya beli bihun instan, karena masak pake heaternya cepet, jadi gak bakal ketahuan bapak kos.
 
Pasuruan
 
Meskipun ini adalah hometown saya, tak berarti bisa makan enak, disiapin makan mewah tiap pulang. Makanan special kami adalah..abag tukang bakso yang lewat depan rumah dan mi instan. Yup, itu tradisi saya dan mbak saya sebagai anak kos sejati :)). Sahurnya? ya ..kalo bangun ya sahur. Kalo nggak, ya nggak sahur . Kalo kata gus dur, gitu aja kok repot.. dan ini jadi kebiasaan ampe sekarang :))).
 
Ini cerita puasaku, apa ceritamu ?
 
 

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d