Skip to main content

The Testament : Berpetualang Menuju Hutan Pedalaman Brazil


Akhir pekan adalah waktu bermalas-malasan dan membaca apapun. Kebetulan stock bacaan saya pada akhir pekan ini adalah The Testament (Surat Wasiat) yang ditulis oleh penulis terkenal dunia yang cukup tampan, seorang pengacara yakni Om John Grisham. The Testament adalah buku keempat dari sekitar dua puluhan buku yang ditulis oleh John Grisham.

Buku ini masih bercerita tentang fiksi hukum, layaknya buku John Grisham lainnya. Namun, pada buku ini lebih khusus ke masalah-maasalah yang berkaitan dengan surat wasiat. Pastinya, seperti buku Om John yang lain saya jadi belajar tentang hukum. Jika teman-teman ingin belajar tentang hukum, percaya deh baca buku fiksi om John bakalan nambah pengetahuan hukum.

Cerita paada buku the Testament ini diawali ketika seorang pengusaha bernama Troy Phelan yang memiliki harta sebesar sebelas miliar dolar (wow,,bingung klo jadi IDR berapa banyak) mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri dengana cara melompat dari apartemennya yang sangat mewah. Sebelum aksi bunuh dirinya, Troy Phelan menuliskan sebuah surat wasiat yang menjadi inti permasalahan yang diangkat di buku ini.

Troy Phelan yang memiliki empat mantan istri dan beberapa anak ini membuat suara wasiat yang sangat mengejutkan. Saat mantan istri dan anak-anaknya yang memiliki gaya hidup berhura-hura menantikan dengan suka cita pembagaian harta yang totalnya sebelas miliar dolar setelah kematiannya, pengacara Troy Phelan membacakan surat wasiat yang mengataan bahwa anak-anaknya serta mantan istrinya tidak mendapatakan harta warisannya. Keterkejutan semakin membuncah saat diketahui bahwa harta warisan yang cukup besar tersebut diserahakn kepada anak dari seorang wanita hasil hubungan gelap Troy Phelan pada masa lalu. Rachel Lane, demikian nama ahli waris tersebut yang diketahui adalah seorang misionaris yang menyebarkan agama kristen di suku-suku yang terletak di pedalaman.

Nate o'Riley, yang notabene pengacara yang sudah di ujung kebangkrutan ditugaskan untuk mebcari Rachel di pedalaman hutan Brazil untuk menjelaskan dan menyelesaikan ihwal warisan sebelas triliun dolar tersebut. Dari sinilah petualangan menarik dimulai. Nate mencari Rachel ke dalam pedalaman hutan Brazil. Digambarkan secara detail kondisi alam hutan brazil lengkap dengan rawa dan kehidupan liar di sana yang membuat saya kangen saat-saat kuliah ketika masuk keluar hutan.

Perjalanan yang dipenuhi perjuangan dilalui oleh Nate untuk mencari Rachell, sang ahli waris. Mulai dari helikopter yang rusak, kapal tenggelam, hampir di serang suku Indian, dan terkena demam berdarah. Setelah perjalanan sekitar dua minggu, Nate akhirnya bertemu dengan Rachel Lane yang sudah berbaur dengan suku Indian. Hasil mengejutkan saat perjumpaan Nate dengan Rachel. Rachel yang seorang misionarais menolak warisan dengan jumlah yang sangat besar itu dan menolak untuk berurusan dengan harta warisan tersebut. Oleh Rachel akhirnya harta itu disumbangkan untuk kegitan Misionaris dan untuk kegiatan amal. Keputusan itu ditulisnya dalam suar wasiat sebelum Rachel akhirnya diketahui meninggal akibat penyakit malaria.

Buku ini, menurut saya cukup berbeda dengan fiksi john grisham lainnya. Pasalnya, pada buku lain sentuhan kriminal cukup kuat. Tapi, pada buku ini Om John lebih mmengeksplor masalah sisi spiritualitas, kepedulian sosial, ekologi, lingkungan, kerakusan manusia yang tiada habisnya akan harta dan budaya khususnya budaya suku Indian. Oh ya, satu lagi buku ini juga memberikan informasi lebih banyak tentang orang-orang yang kecanduan alkohol dan betapa susahnya lepas dari kecanduan tersebut sekaligus mengajak kita lebih perhatian pada penderita kecanduuan alkohol ataupun nnarkotika (pendapat pribadi).

Sekilas resensi abal-abal dari saya.
Semoga bermanfaat ;D


Pontianak, 12 Februari 2011

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Biaya Persalinan di Banjarbaru

"Setiap anak ada rejekinya masing-masing" Begitu kata banyak orang. Meskipun demikian, perencanaan juga perlu, termasuk perencanaan keuangan pas mau melahirkan. Perubahan fisik ibu hamil juga pasti menuntut biaya yang tidak sedikit. Bra udah mulai ganti model ke model menyusui, baju-baju tanpa kancing bukaan depan sudah mulai disimpan. Itu baru untuk ibu. Jangan lupa juga siap-siap untuk calon dedek bayi yakni peralatan sehari-hari juga bajunya.  Sudah banyak banget yang bahas daftar perlengkapan apa saja untuk menyambut kelahiran dedek bayi. Namun, gak banyak yang kasih info biaya persalinan di banjarbaru kan.  Nah, buat ibu-ibu yang lagi itung-itung biaya persalinan di sekitaran banjarbaru..nyoh tak kasih infonya :)  Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Martapura  Persalinan Caesar                         : 18-23 juta Persalinan Normal                        :   8-12 juta Paket Sudah termasuk obat, ruangan, dokter, dll. Rincian tersebut dibedakan te

Maju Mundur Ikut Program Hamil di Banjarmasin

Sebenernya pengen keep secret usaha promil saya karena males ditanya-tanya. Tapi gak ada salahnya di-share, siapa tau ada yang perlu cari-cari info tentang tentang program hamil terutama di kota yang gak gede-gede banget dan gak kecil-kecil banget yakni di Banjarbaru ato Banjarmasin. Semangat ini muncul karena ternyata postingan tentang test HSG saya juga banyak yang baca...jadinya makin semangat biar lebih banyak yang baca dan muncul kesadaran tentang apa-apa yang akan saya ceritakan terutama masalah infertilitas yang masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Padahal, yaa menurut kami sama aja kayak penyakit biasa yang bisa disembuhkan dan selalu ada harapan kok.  *** Jadi, saya menikah Februari 2014. Setelah menikah kami LDR Bogor-Batu licin (Kalsel), karena saya masih kudu sekolah S2. Lalu saya pindah ke Banjarbaru, eh suami saya dipindah ke Kalbar tepatnya di Ketapang. Kalo gak salah hampir setahunan. Lalu, suami resign dan pindah ke Kalimantan Tengah. Jadi, mending deh ket

Best Five in 2018

Yohoooo.... 2018 sudah terlewati dengan emosi naik turun ala roller coaster. Yah, hidup itu emang roller coaster. Kalo jalannya lurus terus kan bosen. Makanya, naik roller coaster itu lebih mahal daripada naik kereta kelinci kan (eaaa..plis deh perumpamaannya).Ada banyak hal yang harus disyukuri 2018 ini. Biar jadi orang yang bersyukur, ini saya coba  bikin daftarnya. Semoga daftar ini bisa dibaca lagi saat saya hilang semangat, merasa gagal atau lagi sedih.  1. Gamila Hafsah Wibowo Alhamdulillah, 21 April 2018 anak bayik yang ditunggu-tunggu lahir juga. Alhamdulillah selama hamil gamila saya sehat, lahiran normal seperti yang dicita-citakan, dan pulih dengan cepat. Sampai Desember ini, gamila sudah berusia 8 bulan. Alhamdulillah sehat dan pertumbuhannya normal sesuai milestone yang ada di berbagai referensi. Yeahhhh. 2. Sehat Nikmat sehat banyak yang dilupakan. Alhamdulillah, saya, igo, gamila sehat selama 2018 ini. Ya ada sih sakit tapi sejauh ini ya bapil, demam, d