Skip to main content

Dan Jalan itu Diperbaiki (Lagi??)

Seperti biasa, saya melalui jalan yang sama untuk berangkat dan pulang kerja. Tetapi, beberapa hari terakhir saya dibuat terheran-heran kegiatan perbaikan jalan di jalan yang saya lewati yakni jalan di sekitar komplek yang terletak di sekitaran Masjid Mujahiddin kota Pontianak. Mengapa heran?bukannya bagus ada kegiatan perbaikan jalan?. Ya, akan saya jawab seperti itu tapi tahukah anda perbaikan jalan itu sudah dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu setahun ini. Diperbaiki, rusak, dan diperbaiki lagi diperbaiki dan rusak lagi. Jika saya tidak salah mengingat ini adalah perbaikan jalan yang ketiga untuk jalan yang sama.

Saya hanya tak habis pikir mengapa perbaikan jalan itu mesti dilakukan berulang-ulang dan mengapa kualitas perbaikan yang dilakukan sebelumnya hanya bertahan beberapa bulan saja. Ataupun jika tekstur tanah menjadi kambing hitam atas seringnya kerusakan jalan di sana mengapa tidak dilakukan saja perencaaan matang-matang lalu dilakukan perbaikan dengan kualitas super dan tidak perlu melakukan perbaikan lagi dan lagi. Lagipula kenapa rajin sekali melakukan perbaikan jalan di daerah ini, apa karena banyak mobil pelat merah yang berlalu lalang di kompleks ini? Ah, saya terlalu skeptik.

Beberapa waktu lalu, saya sempat mempelajari suatu teori dalam pekerjaan yang dikenal dengan waste (pemborosan). Secara definisi waste (pemborosan) menurut Fujio Cho (President toyota) adalah aktifitas yang menambah biaya tapi tidak menambahkan nilai tambah. Nah, dari definisi pemborosan tersebut ada beberapa tipe seperti yang tampak pada gambar sebagai berikut :

Nah, dari beberapa tipe waste tersebut perbaikan jalan yang berulang-berulang tersebut pada akhirnya lebih banyak menimbulkan efek negatif dibandingkan efek positif seperti waktu yang terbuang karena jalan yang dilewati diperbaiki, uang yang keluar untuk melakukan perbaikan itu (yang notabene berasal dari pajak yang kita bayar), dan banyak lagi (gak bakal abis dirinci).
Rata Penuh
Aduh, ini kenapa saya berfikir terlalu serius ya. Ya sudah direlakan saja apa..toh banyak tukang atau pekerja bangunan yang diuntungkan dari adanya proyek-proyek kecil seperti ini. berfikir positif bahawa tidak ada makelar proyek atau korupsi proyek atas nama rakyat dan tidak ada korupsi (Apa lagi ini, saya semakin ngacooo!!). Sudah ah...selamat menikmati akhir pekan semuanya :D


Comments

Popular posts from this blog

Kutu Babi : Litlle Monster di Hutan

Bagi yang suka beraktivitas masuk keluar hutan Kutu Babi pasti bukan merupakan hal yang asing lagi. Kutu babi merupakan jenis serangga yang ukurannya kecil. Untuk dapat melihatnya perlu kaca pembesar. Ukurannya yang kecil tersebut menyebabkan leluasa bergerilaya di tubuh mangsa (baca : manusia). Tak ayal lagi, kelihaian menyusup ini menyebabkan serangan kutu babi tak terhindarkan. Kutu Babi senang sekali menyerang daerah yang tersembunyi, terutama daerah lipitan baju, lipatan kulit, dan daerah yang lembab. Kutu babi biasanya ditemui di hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah.

Rasa gatal yang ditimbulkan oleh serangga kecil ini luar biasa. Lagi-lagi ukurannya yang mini membuat makhluk ini bisa masuk ke dalam pori-pori. Satu lagi yang masih membuat saya penasaran adalah daya tahan kutu ini terhadap berbagai jenis obat penghilang gatal. Secara ilmiah artikel yang membahas tentang kutu babi ini belum saya temukan. Tetapi ada gambar yang memberikan gambaran betapa kecilnya kutu babi.

Goa Widodaren, Pesona Mistis Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

(Pemandangan dari Goa Widodaren)

Saat menyebutkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pastilah yang terpikir di benak kita semua adalah matahari terbit (sunrise) dan kaldera tengger. Padahal, jika kita melihat lebih cermat masih banyak sekali objek yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Goa Widodaren.

Goa Widodaren terletak di dekat kawah Bromo.Kita bisa berjalan kaki kurang lebih 45 menit untuk mencapai Goa. Kondisi medan yang menanjak membuat perjalanan menuju goa ini menjadi menantang dan berkesan. Untuk pemula tanjakan menuju goa widodaren ini cukup melelahkan. Tapi semuanya terbayar dengan pemandangan yang tampak dari punggung bukit menuju Goa Widodaren ini. Sebenarnya objek ini lebih merupakan ceruk daripada goa. Tetapi oleh masyarakat sekitar lazim disebut dengan Goa Widodaren. Di Goa ini terdapat sumber mata air yang keluar dari dinding tebing dekat Goa Widodaren.

Goa widodaren merupakan lokasi pemujaan masyarakat Hindu Tengger di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Sem…

Mati Suri Transportasi Umum Banjarbaru

Beberapa minggu lalu, di jakarta ibu kota tercinta indonesia ini lagi-lagi ribut (Lagi!!). Kali ini ributnya tentang taksi konvensional ama taksi online aka uber/grab. Sementara di jakarta pemerintah dan media seindonesia raya ngeributin gimana ngatur lalu lintas jakarta, pakai ojek online lah, taksi online lah, busway, apetebe, kereta cepat, em er te ato ribut metromini, kita kita cuma ngamati sambil mulai dilupakan. 
Kondisi transportasi di jakarta ini saking banyaknya ampe ribut. Beda banget ama transportasi umum, di Banjarbaru, suatu kota kecil di Kalimantan Selatan yang letaknya sebelah ama ibukota provinsi, Banjarmasin. Ini ya, saya sebutin transportasi yang ada di Banjarbaru. 
Taxi. memang sih taxi nya warna biru mirip taksi burung biru. Tapi, Jangan samakan taxi ini sama dengan taxi ekspress ato blubird di Pulau Jawa. Beda sekali pemirsa. Taxi ini cuma mangkal di Bandara dan tarifnya sungguh jahanam. Tarif taxi ini, dari Bandara ke kontrakan saya yang cuma 10 menit dari bandar…